Buka Kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa, Ini Harapan Sekda Inhu

INHU - Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu Ir. H. Hendrizal, M.Si membuka secara resmi sosialisai pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, Rabu 19 Desember 2018 bertempat di ruang H. Yopi Arianto Lantai 4 Kantor Bupati Inhu.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Inhu, Supardi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ir Hasman Dayat M.Si, seluruh Camat dan Kepala Desa se Inhu.

Kepala Dinas PMD Inhu, Ir Hasman Dayat M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kabupaten Indragiri Hulu di tahun 2018 berhasil menorehkan beberapa prestasi diantaranya mendapatkan juara ketiga se Provinsi Riau dalam kinerja penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan penyaluran Dana Desa tahun 2018 dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau yang diterima langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto satu hari yang lalu, juara 1 kategori padat karya tunai Desa Paya Rumbai, dan juara 2 kategori pelayanan informasi dan keterbukaan publik kepada Desa Siambul.

"Hal tersebut merupakan buah hasil dari kerja sama Pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten serta Kejari Inhu sebagai lembaga pengawasan," terangnya.

Dalam kesempatannya, Kajari Inhu, Supardi mengungkapkan bahwa sosialisi ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Kejari Inhu sesuai arahan dari Kejati Riau untuk memberikan pengetahuan pengawasan terhadap pelaksanaan program pemerintah yang notabenenya harus diterima masyarakat. 

Agar dapat terlaksana dengan baik, Supardi berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk memahami benar aturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan, baik pada tahap perencanaan, administrasi, hingga pada saat pelaksanaan.

Jika terdapat kendala, Supardi juga berharap agar tidak sungkan berkonsultasi dengan Kejari Inhu, ditambah pada saat ini Kejari Inhu juga telah menerima bantuan mobil penyuluhan hukum keliling dari Kejagung sehingga dalam hal memberikan konsultasi dalam bidang hukum akan lebih mudah.

Sementara itu, Sekda Inhu Ir. H. Hendrizal M.Si menuturkan bahwa dana desa adalah pilar pembangunan pemerintah yang kegunaanya langsung menyentuh masyarakat sehingga jika apabila terjadi kesalahan akan memberikan dampak yang sangat signifikan di tengah masyarakat.

Oleh sebab itu, Sekda menegaskan seraya berharap kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan ini. 

Dengan narasumber dari Kejari Inhu yang memberi Materi Pengawasan dan Inspektorat Inhu yang memberikan Materi tentang APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) dalam Pengelolaan keuangan desa , Sekda berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi kepala desa terhadap persoalan maupun solusi dari pengelolaan dana desa. (azi)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar