Waspada Banjir, Wilayah Riau Akan Diguyur Hujan Hingga April 2019

Ilustrasi

RiauKarya.com - Badan Meteorologi Kriminologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi wilayah Riau akan diguyur hujan sampai April 2019 mendatang.

Demikian diutarakan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno saat rapat koordinasi pencabutan status siaga Karhutla, dan penetapan status siaga banjir dan longsor Riau, di kantor Gubernur Riau, Jumat (30/11/2018). 

"Oktober 2018 sampai April 2019 wilayah Riau musim hujan. Yang mana terjadi peningkatan curah hujan kategori sedang sampai tinggi. Sedangkan sifat hujan masih kategori normal, dan di bawah normal," kata Sukisno.

Lebih lanjut disampaikan Sukisno, pada Februari curah hujan terjadi penurunan dibanding pada Januari. Dimana curah hujan diperkirakan dari 100 milimeter sampai 200 milimeter, dengan sifat hujan di bawah normal. 

Sedangkan untuk Maret, sebut Sukisno, curah hujan di wilayah Riau terjadi peningkatan. Dimana curah hujan dari 150 milimeter sampai 200 milimeter, dengan kondisi hujan normal. 

"Kemudian April terjadi peningkatan curah hujan dari 200 milimeter sampai 300 milimeter, dengan kategori normal. Sedangkan pada Mei wilayah Riau mulai pancaroba, dari musim hujan ke musim kemarau," tukasnya. 

Melihat tingginya curah hujan di Riau sampai April 2019, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati.

"Kita imbauan masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan kondisi curah hujan yang tinggi. Karena kita khawatirkan, air sungai bisa naik sewaktu-waktu dan bisa merendam pemukiman," imbuhnya. 

Karena itu, setelah pihaknya menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor. Edwar Sanger meminta kepada BPBD Kabupaten/Kita untuk selalu siaga, sehingga dapat memberikan pertolongan awal ketika terjadi banjir maupun longsor.**


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar