Tingkatkan Kesejahteraan, PWI Inhu Rintis Pembentukan Koperasi Wartawan

Tingkatkan Kesejahteraan, PWI Inhu Rintis Pembentukan Koperasi Wartawan
Sekretaris PWI Inhu periode 2018-2021, Moh Rouf Azizi S.Pd.I
INHU - Tidak melulu urusan reportase. Para wartawan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang bernaung dibawah bendera Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merintis program yang menunjang kesejahteraan para jurnalis.
 
Program tersebut adalah pembentukan Koperasi Wartawan. Hal ini tentulah dengan berbagai pertimbangan dan kajian.
 
"Berdasarkan rapat beberapa pengurus PWI Inhu, kami mencoba memikirkan nasib para jurnalis kala sudah memasuki usia senja. Dimana nanti, badan tidak kokoh lagi dan aktivitas tidak produktif lagi. Siapa lagi yang memikirkan nasib para wartawan ini apabila tidak direncanakan langkah dari sekarang," ujar Sekretaris PWI Inhu, Moh Rouf Azizi S.Pd.I saat dikonfirmasi usai rapat di Sekretariat PWI Inhu, Jalan Raya Pematang Reba - Pekan Heran, Kecamatan Rengat Barat, Senin (23/4/2018).
 
Pria yang akrab disapa Aziz ini menjelaskan, tujuan koperasi wartawan bukan hanya menggali keuntungan semata. Melainkan memenuhi kebutuhan bersama dan tentunya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan wartawan di kemudian hari.
 
"Semangat solidaritas ini yang akan kami tekankan kedepan. Semoga dengan dibentuknya koperasi ini nantinya bisa semakin meningkatkan kebersamaan sekaligus semakin profesional dalam melakukan aktivitas jurnalistik," ujarnya.
 
Untuk mensukseskan program tersebut, Aziz mengungkapkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan audiensi dengan  dinas terkait untuk menimba ilmu pengetahuan tentang teknik pendirian koperasi, termasuk penjelasan mengenai jenis usaha yang akan dijalankan.
 
“Kalau kita tidak meminta penjelasan kepada Diskop, kuatir kita salah melangkah. Karena pemahaman kita tentang pendirian koperasi cukup minim,” tandasnya.
 
Senada dengan itu, Ketua PWI Inhu, Efril Reza mengatakan, pada intinya pembentukan koperasi wartawan ini adalah salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan jurnalis yang tergabung di PWI Inhu.
 
Efril berharap dengan terbentuknya koperasi tersebut, kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Karena selama ini pihaknya belum bisa memberikan kesejahteraan yang optimal mengingat berbagai keterbatasan.
 
Dilain pihak peluang usaha yang bisa dikelola koperasi terbuka lebar. "Sayang juga kalau peluang itu tidak dimanfaatkan. Karena jika saya perhatikan, rekan-rekan pengurus dan anggota PWI Inhu ini memiliki potensi yang cukup besar untuk mengelola koperasi," pungkasnya. (rls)

Berita Lainnya

Index