Tersedia Rp250 Miliar, DD Tahap I Untuk 178 Desa di Kabupaten Inhu Sudah Bisa Dicairkan

Tersedia Rp250 Miliar, DD Tahap I Untuk 178 Desa di Kabupaten Inhu Sudah Bisa Dicairkan
Kepala Dinas PMD Inhu, Ir Hasman Dayat M.Si
INHU - Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Inhu siap mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama untuk 178 desa.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Inhu Ir Hasman Dayat MSi, Selasa (3/4/2018) mengatakan, DD sudah bisa dicairkan ke semua desa. Saat ini hanya tinggal menunggu Perdes dan APBDes masing-masing kepala desa.
 
"Kalau Perdes dan APBDes sudah masuk, maka ADD tahap pertama langsung dicairkan di BPKAD Inhu dan sudah bisa digunakan untuk pembangunan desa agar bisa dinikmati seluruh masyarakat," kata Hasman.
 
Dikatakan, tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah turun ke Desa melakukan pembinaan setiap Desa dan Tim Dinas PMD siap membantu menyusun RAB Desa demi percepatan pembangunan di Kabupaten Inhu.
 
Untuk tahun 2018, untuk 178 desa di Kabupaten Inhu sudah tersedia dana Rp250 miliar yang terdiri dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp89 miliar dan Dana Desa (DD) sebesar Rp140 miliar. Sedangkan untuk bantuan keuangan tersedia sebesar Rp17 miliar.
 
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berharap, kepala desa segera menyiapkan Perdes dan APBDes secepatnya agar anggaran bisa langsung dicairkan untuk tahap pertama, April ini. Karena pencairan anggaran untuk desa memiliki beberapa tahap, dimana untuk pencairan dana desa (DD) ada tiga tahap. Tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen.
 
Kemudian pencairan ADD ada 4 tahap, yakni pencairan tahap pertama 20 persen, tahap kedua 30 persen dan tahap ketiga 30 persen serta pencairan 20 persen, dimana pencairan  tahap kedua tersebut. ADD tahap pertama harus selesai SPJ masing-masing kepala desa baru bisa dicairkan tahap kedua tersebut. (frc)

#Desa

Index

Berita Lainnya

Index