Dibalik Peresmian Rukan Bhabinkamtibmas Batang Peranap

Warga Tiga Desa Senang Dan Bangga Dikunjungi Kapolres Inhu

Warga Tiga Desa Senang Dan Bangga Dikunjungi Kapolres Inhu

weRiau.com – Masyarakat tiga Desa, yakni Desa Sencano Jaya, Desa Punti Kayu dan Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap merasa sangat senang dan berbangga hati, karena Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, S.IK, MH berkenan hadir meresmikan Rumah Kantor (Rukan) Bhabinkamtibmas yang meliputi wilayah tiga Desa itu dan Kapolres bisa berkumpul ditengah-tengah masyarakat.

 

“Kami merasa senang dan bangga, Kapolres Inhu bisa hadir ditengah-tengah kami, sudah puluhan tahun, bisa jadi sudah 50 tahun baru kali ini Desa kami dikunjungi Kapolres Inhu,” kata Kepala Desa Punti Kayu, Surman Pasaribu dalam sambutannya saat acara peresmian Rukan Bhabinkamtibmas di Desa Sencano Jaya, Kamis (22/2/2018).

 

Dikatakan, pembangunan Rukan Bhabinkamtibas yang meliputi wilayah tiga Desa merupakan murni dari swadaya masyarakat tiga Desa, sebab masyarakat menyadari pentingnya kehadiran Polisi dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengayom, pelindung dan memberi rasa aman.

 

Berdasarkan hal itulah, masyarakat tiga Desa sepakat untuk berswadaya dalam membangun Rukan agar Bhabinkamtibas bisa selalu berada ditengah-tengah masyarakat.

 

Sementara, Camat Batang Peranap, Watno, S.Sos dalam sambutannya menceritakan perjuangan tiga Kepala Desa yang bolak-balik kekantor Camat untuk berkoordinasi tentang rencana pembangunan Rukan Bhabinkamtibmas, mulai proses hibah tanah sampai pembangunan Rukan hingga selesai dan siap digunakan.

 

“Saya sangat senang mendengar rencana masyarakat tiga Desa untuk membangun Rukan Bhabinkamtibmas dan rencana ini didukung sepenuhnya oleh pihak Kecamatan,” ucap Camat.

 

Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, S.IK, MH mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih pada masyarakat tiga Desa, umumnya masyarakat Batang Peranap yang telah membangunkan Rukan Bhabinkamtibas secara swadaya.

 

Diungkapkan Kapolres, ia sendiri juga merasa senang dan bangga dengan kepedulian serta kesadaran masyarakat terhadap tugas-tugas Polri, sehingga dengan sendirinya masyarakat telah mampu merubah pola pikir lama atau paradigma lama pada arah yang lebih baik dan maju.

 

Jika dahulu, lanjut Kapolres, Polisi merupakan momok menakutkan bagi kalangan masyarakat, karena memang tugas-tugas Kepolisian dalam menegakan supremasi hukum akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Tapi sekarang, masyarakat sudah mulai menyadari tugas-tugas Polri serta merasakan pentingnya kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat.

Seperti kenyataan sekarang ini, masyarakat tiga Desa sepakat dan bersedia membangunkan Rukan Bhabinkamtibas dengan swadaya masyarakat, padahal jarak tempuh menuju wilayah tiga Desa ini sangat jauh dari ibu kota Kabupaten dan akses jalannya kurang bagus.

Tapi masyarakat tiga Desa ini justru sangat menyadari arti pentingnya kehadiran Polri.

 

“Berarti perubahan paradigma lama pada arah yang lebih baik sudah mulai dirasakan pada tiga Desa ini, untuk itu saya selalu berpesan pada personil Polres Inhu, bahwa bisa dipercaya itu sebuah keharusan namun yang lebih penting adalah dicintai masyarakat,” ujar Kapolres.

 

Kapolres juga memberikan apreasiasi terhadap kinerja Bhabinkamtibas tiga Desa, yakni Brigadir Edi Candra yang dianggap sudah bisa dicintai masyarakat tiga Desa.

Seandainya ada 20 Bhabikamtibmas seperti Edi Candra, maka Kapolres tidak perlu susah payah lagi bekerja siang dan malam untuk terus memacu kinerja Bhabinkamtibas serta terhandle semua tugas-tugas Kapolres.

 

Mengenai Rukan, Kapolres berharap semua elemen masyarakat bisa memanfaatkan Rukan untuk kepetingan masyarakat, tidak hanya untuk tugas-tugas Bhabinkamtibmas semata.

Misalnya, ada rapat Desa atau penyelesaian masalah sesama masyarakat atau dengan pihak lain, bisa memanfaatkan Rukan tersebut.

 

Selepas sambutan Kapolres acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci Rukan dari Kepala Desa kepada Kapolres Inhu, kemudian Kapolres menyerahkan kunci tersebut pada Bhabinkamtibas.

Disertai dengan penyerahan sarana kontak dari Kapolres Inhu terhadap masyarakat tiga Desa berupa bola volly, bola kaki dan net.

 

Setelah itu, Kapolres menggunting pita sebagai tanda diresmikannya penggunaan Rukan dan penanaman pohon penghijauan dihalaman Rukan, Kapolres juga berkesempatan foto bersama Camat, para Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

 

Acara tersebut juga dihadiri Danramil Peranap Kapten Imf Edi Hamonangan, Kapolsek Peranap AKP H. Anisman, Kasat Binmas Polres Inhu AKP H. Arsyad, Kapolsek Pasir Penyu Kompol Dwi Kormal, Kapolsek Kelayang AKP Buha Siahaan, Kapolsek Lirik Iptu Aman Aroni, Kapolsek Lubuk Batu Jaya Iptu Suryanto, Sekcam Batang Peranap Ferisman, Kades Punti Kayu Surman Pasaribu, Kades Sencano Jaya Bisron Yaroni, Kades Sungai Aur Muktar Ali, Kades Pesajian Husni Thamrin, Kasubsektor Batang Peranap Iptu Suparno tokoh Masyarakat Desa Punti Kayu, Desa Sungai Aur dan Desa Sencano Jaya serta undangan lainnya (efril)

 

Berita Lainnya

Index