Intsiawati Ayus Minta Pemkab Siak Perketat Pengawasan Istana Siak

Intsiawati Ayus Minta Pemkab Siak Perketat Pengawasan Istana Siak
Instiawati Ayus / foto: net

weRiau.com - Aksi pembakaran aset di Istana Siak beberapa waktu yang lalu oleh orang tak dikenal (OTK), menjadi pelajaran penting bagi semua pihak dalam menjaga warisan budaya leluhur itu.

Menurut Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, Intsiawati Ayus, Pemkab Siak mesti memperketat penjagaan dan pengawasan bagi pengunjung di Istana Siak.

"Sepantasnya diberlakukan larangan membawa benda tajam dan benda yang mudah terbakar bagi pengunjunng yang masuk ke dalam Istana Siak. Selain itu dipasangi juga CCTV, agar bisa memantau aktifitas pengunjung didalam Istana," ungkapnya saat dikonfirmasi via selular, Rabu (10/1/18).

Terkait pelaku yang masih dalam investigasi pihak kepolisian, dirinya menilai hanya pihak-pihak yang ingin merusak sejarah dan ingin mencari sensasi, dengan berani membakar aset cagar budaya tersebut.

"Kalau misalnya dibilang unsur ketidaksengajaan, untuk meminimalisir kejadian ini terulang lagi maka keamanan dan pengawasan yang diperketat," tambahnya.

Ia menghimbau kepada para pengunjung juga masyarakat Riau, mari bersama-sama menjaga warisan budaya leluhur ini. Agar generasi selanjutnya, masih bisa melihat seperti apa bentuk peninggalan sejarah yang ada di Riau. (mcriau) 

Berita Lainnya

Index