Amankan Natal Dan Tahun Baru Di Inhu, Operasi Lilin Siak 2017 Dimulai

Amankan Natal Dan Tahun Baru Di Inhu, Operasi Lilin Siak 2017 Dimulai
Waka Polres Inhu periksa kesiapan kendaraan roda empat yang digunakan untuk operasi Lilin Siak 2017

WeRiau.com – Kepolisian Resort (Polres) Inhu melaksanakan Apel Gelar Pasukan yang akan ditugaskan dalam Operasi Lilin Siak 2017 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siak 2017, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal Dan Tahun Baru 2018”.

Pelaksanaan apel tersebut merupakan tanda dimulainya pelaksanaan operasi diwilayah Inhu.

 

Apel dihalaman Mapolres Inhu, Kamis (21/12/2017) pagi itu dipimpin Wakpolres Inhu, Kompol Rony Syahendra, SH, S.IK dan dihadiri Pasi Pers Kodim 0302 Inhu, Kpat Inf T Situmorang, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Inhu, Erpandi, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan personil Polres Inhu.

 

Waka Polres Inhu, saat membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Prof. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D, menyatakan, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan, untuk pengecekan akhir, kesiapan Polri dalam melaksanakan Operasi Pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, baik sari aspek personel, sarana prasarana, anggaran, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

 

Perkembangan dunia global saat ini, masih diwarnai dengan aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat. Berbagai kejadian itu juga disertai dengan perlambatan ekonomi dunia, yang langsung atau tidak langsung berimplikasi terhadap keamanan dalam negeri.

 

Hal tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik akibat pelaksanaan Pilkada serentak 2018, dan menjadi tantangan tugas bagi Polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal 2017 dan pergantian Tahun 2018.

 

Peningkatan aktifitas masyarakat harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk Polri menggelar Operasi Lilin 2017, selama 10 hari terhitung sejak tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018, yang mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Secara keseluruhan Polri mengerahkan 90.058 Personel Polri, dibantu 20.070 Personel TNI, serta 60.177 Personel Gabungan dari Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan Jasa Raharja. Para Personel tersebut akan ditempatkan pada 2.657 Pos Pengamanan dan 933 Pos Pelayanan.

 

Untuk itu Kapolri menyampaikan beberapa hal yang harus dipedomani yaitu, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, siapkan serta pelihara kondisi fisik, persiapkan dengan baik seluruh peralatan, sarana dan prasarana, laksanakan tugas dengan penuh rasa ketulusan dan keikhlasan, penggelaran personel harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, mekukan tindakan proaktif dan antisipatif, dengan melibatkan semua fungsi Kepolisian serta stakeholder terkait, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, serta bertindak secara tegas dan terukur. Serta perkuat kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait serta segenap elemen masyarakat.

 

Terakhir, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah berpartisipasi aktif dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini.

 

Apel gelar pasukan di Polres Inhu sebagai peserta upacara terdiri dari pleton Perwira, pleton Kodim 0302/Inhu, pleton Sabhara, gabungan staf, gabungan Polsek,  Sat Lantas, gabungan Reskerim/Intel, Dishub Inhu, Satpol PP Inhu, Dinas Kesehatan dan Senkom Inhu beserta barisan roda empart dan roda dua dari Polres Inhu. 

 

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan Pemeriksaan Ranmor Dinas oleh Pimpinan Apel beserta Tamu undangan (ril)

Berita Lainnya

Index