Iksarudin Resmikan Desa Pematang Jaya Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Iksarudin Resmikan Desa Pematang Jaya Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Inhu, Iksarudin meresmikan Desa Pematang Jaya menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
INHU - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Rengat Menggelar acara Launching / Peresmian “Desa Pematang Jaya” yang ada di kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Sabtu (25/11/2017). Acara tersebut di gelar di Lapangan Sepak Bola Desa Pematang Jaya.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat, Iksarudin mengatakan bahwa pembentukan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan yaitu melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja, mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian Nasional.
 
Resiko kecelakaan kerja warga desa lebih tinggi daripada sektor Industri, karena sangat bergantung dengan lingkungan alamnya. Hampir semua kasus kecelakaan warga desa akibat langsung atau tidak langsung dari hubungan kerja. Oleh karena itu warga desa sangat memerlukan jaminan sosial ketenagakerjaan. Ditambah lagi Hampir semua warga desa tidak mempunyai Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sedangkan seluruh warga desa yang berusia lebih dari 17 tahun baik laki-laki atau perempuan rata-rata bekerja secara mandiri.
 
Iksarudin juga mengungkapkan tujuan dilaksanakan gerakan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ini yaitu agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan sehingga akan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan timbulnya kesadaran perangkat desa terhadap kesejahteraan masyarakat pekerja di desa melalui program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta Seluruh Yayasan/BumDes, tenaga ahli / pendamping desa, pelaku ekonomi di lingkungan Desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
Adapun pihak-pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Desa Sadar Jaminan Sosial ini adalah Pejabat Kepala Desa Ibu Gumirasayati, Perwakilan dari APKASINDO dan Masyarakat pekerja Desa Pematang Jaya.
 
 
Kegiatan peresmian desa Pematang Jaya Sebagai  Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini diawali dengan melakukan senam bersama seluruh masyarakat desa yang hadir dalam acara tersebut. Setelah senam dilakukan, acara dibuka dengan diawali Kata Sambutan oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat, bapak Iksarudin, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Pejabat Kepala Desa yaitu ibu Gumirasayati, yang kemudian bersama-sama menandatangani MoU/PKS antara BPJS Ketenagakerjaan dengan desa pematang jaya. Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut,menandakan bahwa pekerja / warga desa pematang jaya dapat mencari informasi, melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran di kantor desa.
 
Iksarudin juga memberikan edukasi dan pemahaman mengenai program dan manfaat perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat yang hadir di acara tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan penetapan Desa Pematang Jaya sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tahun 2017 yang dinyatakan dengan simbolis pemotongan pita dan penanaman 40 pohon buah-buahan di Desa Pematang Jaya.
 
Kegiatan ini berlangsung didukung dengan antusias masyarakat yang tinggi akan keingintahuan mengenai perlindungan Jaminan sosial ketenagakerjaan. Mereka mulai tahu mengenai apa itu perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dan sadar bahwa mereka sangat membutuhkan perlindungan dalam melakukan pekerjaan. 
 
BPJS Ketenagakerjaan juga membuka stand pendaftaran langsung, agar para warga yang hadir dapat langsung mendaftar dan mendapat kartu peserta, tanpa harus jauh-jauh ke BPJS Ketenagakerjaan Rengat. Pendaftar pada hari itu berkesempatan mendapatkan doorprize yang langsung diundi di akhir acara dan Kegiatan ini ditutup dengan pembagian doorprize tersebut.(mra)

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index