Peringati HKN Ke-53, Wabup Inhu Pimpin Upacara Dikantor Bupati

Peringati HKN Ke-53, Wabup Inhu Pimpin Upacara Dikantor Bupati
Wabup Inhu serahkan penghargaan pada petugas kesehatan berprestasi tahun 2017

RENGAT- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menggelar upacara di halaman kantor Bupati Inhu.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Wabup Inhu, H Khairizal SE MSI, Jum'at (16/11/2017) Pagi.


Peringatan HKN ke-53 dengan tema "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" dihadiri Plt Sekdakab Inhu Ir hendrizal. MSI, staf ahli Pemkab Inhu, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Bagian, Satpol PP, para ASN, Guru, mahasiswa dan undangan lainnya.


Wabup Inhu membacakan Amanat dari Kementrian Kesehatan Indonesia menyampaikan, Keluarga Sehat, Indonesia Sehat.

Tema HKN ke-53 tahun ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan.

Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. karena itu, upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga.


Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. Guna mendukung program tersebut, Kemenkes telah mengeluarkan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan yang berfokus pada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

 

Seusai upacara, Wabup juga menyerahkan penghargaan kepada petugas kesehatan berprestasi tahun 2017.

Kemudian, dilaksanakan juga pengukuhan Korpri tingkat Kecamatan se Inhu oleh Ketua Korpri Inhu, Ir Hendrizal MSI yang juga Plt Sekdakab Inhu (ril)

 

 

 

Berita Lainnya

Index