HKN 2017, Diskes Riau Imbau Rumah Sakit Diskon 5,3 Persen

HKN 2017, Diskes Riau Imbau Rumah Sakit Diskon 5,3 Persen
Kadinkes Riau / foto: net
weRiau.com - Selama November ini, seluruh rumah sakit dan pelayanan kesehatan diminta memberikan diskon kepada pasien sebesar 5,3 persen. Hal ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 pada 2017, puncaknya tepat jatuh pada 12 November nanti. Imbauan tersebut dikeluarkan Dinas Kesehatan (Diskes) Riau di seluruh wilayah Provinsi Riau.
 
Disampaikan Kepala Diskes Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir dalam ekspos jelang puncak peringatan HKN 2017 Provinsi Riau, Kamis (9/11) di kantor Diskes Riau. Didampingi Sekretaris Diskes Riau dr Ruswaldy Munir dan jajaran pejabat Diskes Provinsi Riau, seluruh persiapan pelaksanaan puncak HKN, diakuinya sudah tuntas.
 
"Menyambut HKN 2017, kita keluarkan edaran kepada rumah sakit agar memberikan diskon 5,3 persen dari tarif normal. Jadi sarana pelayanan kesehatan sesuai HUT ke-53 ini selama sebulan dipersilahkan memberi keringanan kepada masyarakat,” ujar Mimi.
 
Selain menyampaikan lewat surat edaran, Diskes kata Kepala Dinas juga sudah menyampaikan saat rapat bersama-sama dengan pimpinan rumah sakit. Disinggung mengenai RS yang enggan mengikuti edaran dimaksud dalam pelaksanaanya, menurutnya hal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada layanan kesehatan dimaksud.
 
"Yang tidak mengikuti tentu dikembalikan kepada Rumah Sakit bersangkutan,” tambahnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan Diskes Riau terkait pelaksanaan puncak HKN 2017, bakal digelar Ahad 12 November. Dibagi dalam beberapa kegiatan. Pertama berhubungan dengan olahraga, dimana Diskes menggelar pertandingan tenis meja, tenis lapangan, futsal, catur dan bola voli. Diikuti institusi pelayanan kesehatan dan laboratorium serta instansi kesehatan lainnya.
 
Kemudian juga digelar kegiatan senam Germas di Bapelkes Panam yang dimulai kemarin. Diikuti 13 peserta berasal dari kelurahan, rumah sakit, dan institusi kesehatan. Kemudian puncak kegiatan nanti acaranya di area car free day, dalam rangka Kemenkes RI melakukan pemecahan rekor MURI.
 
"Pemecahan rekor dalam kegiatan senam sehat dan jalan sehat, serentak seluruh Indonesia. Bersamaan video conference dengan Menkes, bersama 7 provinsi lainnya,” papar Mimi.
 
Kemudian kegiatan lain juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis, diikuti seluruh rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya. Pameran dengan 70-100 stan kesehatan, juga ada bazar buah, bazar sayur, pawai budaya Riau sehat, di mana akan ada anak-anak menggunakan pakaian berbentuk buah dan sayur namun tetap berbudaya.
 
"Juga ada anjangsana ke keluarga mantan kepala dinas Kesehatan, tokoh-tokoh kesehatan yang sudah didatangi, tentunya guna memupuk silaturahim. Dilanjutkan upacara Senin di halaman kantor Gubernur, juga ada beberapa penghargaan,” tuturnya.
 
Kadiskes Riau juga mengajak masyarakat Pekanbaru khususnya agar dapat hadir dan memeriahkan puncak peringatan HKN 2017 di areal car free day, Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Tentunya tanpa dipungut biaya apa pun.
 
 
Sumber: riaupos.co

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index