Tanoto Foundation Gelar Kampanye Sekolah Sehat Untuk Seluruh SD/MI se-Kecamatan Lubuk Batu Jaya

Sekolah pemenang Sekolah Bersih SDN 008 Air Putih
INHU - “Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat" ungkapan tersebut menunjukkan bahwa kesehatan adalah pangkal dari semua kegiatan kita. Jika tubuh kita sehat maka jiwa dan pikiran kita akan semangat untuk menjalankan aktivitas kita.
 
Bercermin  akan pentingnya menjaga kesehatan tersebut, Tanoto Foundation dan Asian Agri bekerja sama dengan UPT Disdikbud dan UPT Kesehatan Kecamatan Lubuk Batu Jaya mengadakan Kampanye Sekolah Sehat yang diikuti oleh seluruh SD/MI se-kecamatan Lubuk Batu Jaya, Sabtu (28/10/2017) yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda di SDN 008 Air Putih di Desa Air Putih.
 
Dengan adanya kegiatan Kampanye Penyadartahuan tentang Sekolah Sehat ini, siswa diharapkan memahami pentingnya kebersihan lingkungan sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar. 
 
Selain itu ada partisipasi aktif dari seluruh guru, siswa, masyarakat, dan instansi terkait untuk mewujudkan sekolah sehat. Warga sekolah merasa nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar sehingga kualitas pendidikan meningkat. Seluruh warga sekolah mengetahui dan memahami tentang pentingnya kesehatan lingkungan dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pada kegiatan kampanye tersebut, Camat Lubuk Batu Jaya,  H. Damsur, S.Pd M.Si menyampaikan bahwa menjaga kesehatan diri dan lingkungan sangat penting diajarkan sejak dini kepada siswa-siswi sekolah dasar. 
 
Camat juga berpesan acara hari ini tidak sekedar selebrasi semata, pesan dan ilmu yang didapat dari kegiatan hari ini harus benar-benar diterapkan di sekolah dan di kehidupan sehari-hari. 
 
Pria yang dikenal ramah ini juga bangga dinas-dinas terkait bisa bekerja sama dengan Tanoto Foundation dalam memajukan kualitas pendidikan di kecamatan Lubuk Batu Jaya.
 
Senada dengan Camat Lubuk Batu Jaya, UPT Dinas Kesehatan Kecamatan Lubuk Batu Jaya yang diwakili oleh Hari Bahari, S.Km menyampaikan kegiatan-kegiatan seperti ini sebisa mungkin terus berlanjut. 
 
"Sekolah tidak hanya mengajarkan siswa berbagai hal mengenai kesehatan diri dan lingkungan ketika akan ada event seperti ini saja," sebutnya. 
 
Sebelum acara Kampanye Sekolah Sehat, Kepala UPT Disdikbud Inhu,  Ispan, S.Pd sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh Tanoto Foundation ini.
 
“Kegiatan yang baik seperti ini harus didukung. Kami berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang sudah memberikan banyak dukungan untuk peningkatan pendidikan di Kecamatan Lubuk Batu Jaya ini. Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut," ujarnya.
 
Adanya kerjasama antara komunitas sekolah dan masyarakat serta lembaga-lembaga lain untuk menciptakan sekolah sehat adalah sebagai bagian dari pendidikan karakter. Siswa akan  terpacu untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
 
Berdasarkan informasi dari Ibu Rahmatinniija selaku Regional Project Officer Tanoto Foundation Wilayah Lubuk Batu Jaya. Kampanye sekolah sehat ini selain ada aksi sikat gigi dan cuci tangan bersama, juga ada berbagai macam lomba dengan tema PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), kebersihan diri dan lingkungan.
 
Lomba-lomba tersebut antara lain lomba sekolah bersih, lomba panggung boneka, lomba membuat poster, cerdas-cermat, dan lomba kecakapan dokter kecil.
 
Dari berbagai lomba tersebut diharapkan siswa mampu berkreasi dengan memanfaatkan kembali barang bekas menjadi ragam kerajinan tangan dan berbagi pengetahuan tentang kesehatan lingkungan dengan cara yang kreatif dan menarik melalui berbagai media populer seperti poster dan panggung boneka. Sekolah mempunyai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sekaligus mempunyai kegiatan-kegiatan yang aktif/ rutin sebagai pendukung penyadaran kepada seluruh warga sekolah.  
 
“Hasil yang ditunjukkan oleh peserta ketika untuk lomba-lomba Kampanye Sekolah Sehat ini sangat luar biasa. Kalah dan menang bukanlah hal yang utama tetapi proses pengalaman dan pengetahuan siswa selama berkegiatan ini adalah poin yang paling penting. Siswa dapat saling belajar dan membelajarkan mengenai PHBS dan menjaga kesehatan diri serta lingkungan. Tanoto Foundation sendiri  melalui program Peningkatan Kualitas (PELITA) Sekolah Aman, Sehat dan Ramah Lingkungan berfokus untuk memberikan penyadartahuan kepada siswa untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, sekolah, dan lingkungan untuk mendukund terciptanya proses pembelajaran yang aman dan nyaman. Tanoto Foundation memiliki misi untuk meningkatkan kuallitas hidup melalui peningkatan kualitas pendidikan,” terang Rahmatinnija. (fer)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar