Pilkades Serentak Kabupaten Inhu Disosialisasikan

Pilkades Serentak Kabupaten Inhu Disosialisasikan
Ilustrasi (int)
RENGAT - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai disosialisasikan. Bahkan, sosislisasi Pilkades ini telah dilakukan oleh sejumlah pemerintah kecamatan.
 
Seperti dilakukan oleh pihak Kecamatan Kuala Cenaku beberapa hari lalu. “Sosialisasi dilakukan di Aula Kantor Camat dengan menghadirkan dua desa yang ikut melaksanakan Pilkades serentak mendatang yakni Desa Pulau Gelang dan Desa Kuala Cenaku,” ujar Camata Kuala Cenaku Triyatno STT, Selasa (19/9).
 
Menurutnya, pada pelaksanaan sosialisasi itu pihaknya mengundang tidak hanya Kepala Desa (Kades). Namun sejumlah perangkat desa lainnya, mulai dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), hingga RW serta Kepala Dusun (Kadus) ikut hadir dalam sosialisasi tersebut.
 
Ada sejumlah hal yang disampaikan antara lain dalam sosialisasi tersebut seperti tentang tahapan Pilkades serentak yang ditetapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Inhu. Sejauh ini sosialisasi yang dilakukan masih seputar tahapan-tahapan Pilkades serentak di Inhu.
 
Selain itu, juga Triyatno mengharapkan agar masing-masing RT dan RW mulai melakukan pendataan terhadap warga yang masuk dalam daftar pemilih. Tujuannya agar nanti setiap warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya. “Sehingga ketika pemilihan nanti tidak ada lagi warga yang belum terdata,” sebutnya.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Lirik Suhadi SE MM. Dimana pihaknya juga sudah melaksanakan sosialisasi Pilkades serentak yang akan dilaksanakan.
 
Di Kecamatan Lirik sosialisai melibatkan enam desa yang akan melakukan Pilkades serentak. “Tidak ada kendala selama pelaksanaan sosialisasi, cuma para perangkat yang datang hanya mempertanyakan soal honor petugas pemilihan nantinya, hal itu biasalah,” ujarnya.
 
Begitu juga di Kecamatan Rengat Barat, sosialisasi dilakukan oleh Camat Rengat Barat Sarman SS MH. Di Kecamatan Rengat Barat terdapat sebanyak 11 desa ikut Pilkades serentak. “Setiap desa mendapatkan anggaran sebesar Rp 20 juta dipotong pajak dan dana tersebut bersumber dari APBD Inhu melalui Dinas PMD Kabupaten Inhu,” sebutnya. (sic)

Berita Lainnya

Index