Memperkenalkan Potensi Desa ke Mata Dunia, Desa Sungai Raya Inhu Terapkan Portal Desa Online

Memperkenalkan Potensi Desa ke Mata Dunia, Desa Sungai Raya Inhu Terapkan Portal Desa Online
Kepala Desa Sungai Raya, Julmi
INHU - Untuk memperkenalkan potensi desa ke mata dunia, Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau menerapkan Portal Desa Online.
 
Kepala Desa Sungai Raya, Julmi saat dikonfirmasi wartawan Jumat (18/8/2017) mengatakan bahwa Portal Desa Online tersebut merupakan salah satu program andalan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi untuk mendukung percepatan pembangunan desa sesuai visi misi dalam Nawacita Presiden Joko Widodo. Sekaligus, mewujudkan dari online menuju desa mendunia.
 
"Alhamdulillah desa kami sudah menerapkan Portal Desa Online tersebut, ini adalah bukti keseriusan desa Sungai Raya mendukung Pemkab Inhu khususnya Bapak Bupati Inhu H. Yopi Arianto dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik," terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan dan Informasi (Balilatfo) Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, M Nurdin mengatakan program desa online akan memudahkan masyarakat mengontrol penggunaan anggaran desa. Sistem pengelolaan berbasis online juga akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi untuk ditindaklanjuti pemerintah.
 
“Dalam UU Desa diamanatkan agar pemerintah mengembangkan data dan informasi untuk dapat diakses masyarakat dengan mudah. Sistem ini adalah upaya kita untuk merealisasikan keterbukaan informasi yang berkaitan dengan desa,” ujarnya dilansir dari merdeka.com.
 
Portal yang dikelola desa tersebut nantinya wajib menampilkan transparansi penggunaan dana desa baik dari sisi anggaran, pelaksanaan hingga realisasi. Tidak hanya dana desa, realisasi program lain yang dijalankan aparatur desa juga harus ditampilkan dalam portal tersebut.
 
“Apa pun yang dilakukan desa harus ditransparankan, karena yang diminta presiden itu agar masyarakat tahu apa yang telah dilaksanakan oleh aparatur,” ujarnya.
 
Terkait sistem informasi yang termuat dalam portal desa, di antaranya potensi desa, pembangunan desa, badan usaha milik desa (Bumdes), transparansi keuangan dana desa, pemberdayaan desa, layanan administrasi desa, data statistik desa, pemonitoran. dan jelajah desa.
 
''Tolong dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dikembangkan. Jangan menggunakan website ini untuk kegiatan yang melanggar aturan, sebab ini resmi website negara. Sewaktu-waktu perkembangan desa di Indonesia akan dipantau Pak Presiden karena salah satu janji beliau adalah Desa Online, atau desa yang tidak tutup mata dengan IT," pesannya. ***
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index