Pj Bupati Aceh Utara Dampingi Pj Gubernur dan PB FASI Tinjau Kesiapan Venue PON di Bandara Malikussaleh

Pj Bupati Aceh Utara Dampingi Pj Gubernur dan PB FASI Tinjau Kesiapan Venue PON di Bandara Malikussaleh

Riaukarya.com - Pj Bupati Aceh Utara diwakili oleh Plh Sekda Fauzan, SSos, MAP, mendampingi Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah, SE, M.Si dan Ketua Harian PB FASI Marsda TNI Andi Wijaya meninjau kesiapan venue Auro Sport PON XXI di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, Kamis (27/6).

Selain Plh Sekda Fauzan , SSos, MAP, kunjungan tersebut juga ikut didampingi oleh Kadis Parpora Aceh Utara, Muhammad Nasir, S.Sos, M.Si. Sedangkan pejabat dari Provinsi Aceh hadir Asisten II Zulkifli, Karo Adpem Robby Irza, Karo Umum T. Adi Darma dan Plt Karo Adpim M.Gade.

Selain itu juga ikut serta dalam rombongan sejumlah pejabat Aspotdirga TNI AU, yaitu Marsda TNI Andi Wijaya, Marsma TNI Tyas Nur Adi, Kolonel PNB Nurtantio dan beberapa pejabat lainnya.

Saat ini Bandara Malikussaleh Aceh Utara sedang dipersiapkan untuk salah satu arena atau venue even Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Cabang Aero Sport. Yaitu, untuk cabor Terbang Layang dan Paramotor.  

Dalam kunjungan itu Pj.Gubernur Aceh bersama rombongan mendapat penjelasan tentang kondisi lapangan. Dalam kesempatan itu rombongan juga melihat langsung lokasi bandara yang akan dipergunakan untuk even pertandingan Paramotor dan Terbang Layang. 

Usai meninjau lokasi, Bustami Hamzah menjelaskan, pihaknya yakin pelaksanaan even cabor aero sport akan berjalan seusai dengan direncanakan. Pihaknya optimis kegiatan PON akan sukses, baik di Aceh Utara maupun di tempat lain.

Kepada masyarakat Aceh Utara diharapkan dapat menyambut warga dari luar sesuai adat dan kebiasaan masyarakat Aceh yang selalu peumulia jamei (memuliakan tamu). 

Plh.Sekdakab Aceh Utara Fauzan, S.Sos, M.A.P dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Aceh dan Panitia PON atas terpilihnya Aceh Utara sebagai tuan rumah Cabor Aero Sport PON XXI, khususnya terbang layang dan paramotor. Untuk mendukung even nasional tersebut Pemkab Aceh Utara telah membangun jalan kawasan bandara. 

Pembangunan jalan dilakukan melalui Program Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Komplek Detasemen TNI-AU Malikussaleh, sebagai penunjang venue PON Cabor Paramotor dan Terbang Layang. Volume jalan tersebut 210 X 4,70  meter dibangun dengan anggaran dari APBK (DOKA) Tahun 2024.  

Sementara Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Aceh Utara Muhammad Nasir, SSos, MSi, menjelaskan dalam sambutannya bahwa pihaknya akan  memanfaatkan kegiatan PON di Bandara Malikussaleh untuk mempromosikan produk unggulan daerah  dan memperkenalan souvenir Aceh kepada pengunjung Aero Spot. Disporapar juga akan membangun stan untuk dimanfaatkan warga menjual souvenir Aceh.

Diantara jenis souvenir akan dipasarkan, hasil UMKM produk ekonomi kreatif pariwisata. Selain itu juga akan memperkenalkan destinasi wisata Aceh Utara. Seperti wisata budaya, wisata alam dan  wisata religi. Di antaranya, kawasan Kerajaan Samudera Pasai, Pantai Bantayan, Rumah dan Kuburan Pahlawan Nasional Cut Mutia, serta wisata alam Gunung Salak.(ZN)

#RiauKarya.com

Index

Berita Lainnya

Index