Usai Dikukuhkan, Mulya Santoni Pimpin Baznas Inhu Hingga 2022

Plt Sekda Inhu, Hendrizal mengukuhkan Pengurus Baznas Inhu
INHU – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto SE diwakili Plt Sekda kab Inhu Ir H Hendrizal M.Si kukuhkan kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhu periode 2017 – 2022 di halaman Kantor Bupati Inhu, Rabu (9/8). Usai pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa kepada 1.389 orang siswa dengan total anggaran sebesar Rp 484.450.000.
 
Diantara susunan pengurus Baznas Kabupaten Inhu yang dikukuhkan itu diantarnya, Ketua Mulya Santoni Spi, Wakil Ketua Bidang Pengumpul H Apris SS, Wakil Bidang pendistribusian Drs Hasman dan Wakil Ketua Pelaporan dan Keuangan H Mustofa. Dalam kesempatan itu juga tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Inhu Miswanto SE, Kepala Kemenag Kabupaten Inhu Drs Abdul Kadir, pimpinan BUMN dan BUMD, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se Inhu.
 
Usai pengkuhan, Ketua Baznas Kabupaten Inhu Mulya Santoni Spi didampingi pengurus lainnya berharap usai dikukuhkan dapat menjalankan amanah dengan baik. Bahkan, usai pengukuhan ini hendaknya lebih banyak lagi dapat mengumpulkan dan pendayagunaan zakat, infaq dan sedekah umat.
 
Sebelum pelaksanaan pelantikan, pihaknya juga telah berupaya menghimpun dan melanjutkan program sebelumnya hingga dapat mengimpun dana beasiswa sebanyak Rp 484.450.000. “Setelah mengikuti dan lulus seleksi, pengurus melanjutkan program penyaluran beasiswa untuk 1.389 orang siswa,” ujar Mulya Santoni yang juga pernag menjadi Ketua Panwas Inhu.
 
Lebih rinci disampaikannya, beasiswa yang disalurkan itu yakni untuk sebanyak 718 orang ditingkat SD/MI sebesar Rp 300 ribu per murid, 443 orang ditingkat SMP/MTs sebesar Rp 350 ribu per pelajar dan 228 orang ditingkat SMA/MA sederjat sebesar Rp 500 ribu per siswa. Dimana penyaluran beasiswa ini dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun.
 
Untuk itu harapnya, melalui penyaluran dana beasiswa ini hendaknya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kepentingan dan ketuhan pendidikan. “Penyalurahan ini diterima langsung oleh masing-masing siswa dan masih ada kedua untuk penyalurhan beasiswa ini,” sebutnya.
 
Kedepan pihaknya juga menarget terbentuknya sebanyak 100 UPZ dalam wilayah Kabupaten Inhu khususnya disetiap sekolah. Sehingga kedepannya akan mampu meningkatkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat, infaq dan sedekah untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat dan kecerdasan umat.
 
Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Inhu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Saat ini baru ada sekitar 98 UPZ dan untuk pembentukan baru akan disosialisasikan ke sejumlah OPD dilingkungan Pemkab Inhu,” terangnya.
 
 
 
Sumber: swarainhu
Editor: redaksi


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar