Pemkab Inhu, Gelontorkan Dana Untuk Pemeliharaan Saluran Air di Kelurahan Pangkalan Kasai

Pemkab Inhu, Gelontorkan Dana Untuk Pemeliharaan Saluran Air di Kelurahan Pangkalan Kasai

INHU - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu), melalui Dinas PUPR (Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air), menggelontorkan dana untuk pemeliharaan saluran sekunder, diwilayah kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu.

Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Inhu tahun anggaran 2024 sebesar Rp.189.464.000,00 itu diperuntukkan pemeliharaan saluran air diwilayah Dusun Pegegas, Kelurahan Pangkalan Kasai, sepanjang kurang lebih 3,8 Km.

Diketahui sebelumnya, warga RT 034 Dusun Pegegas, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), merasa was-was dan khawatir apabila terjadi hujan deras di wilayahnya itu.

Pasalnya apabila terjadi hujan deras rumah mereka yang berada dipinggiran sungai selalu mengalami kebanjiran. Ada sekitar belasan rumah yang sering terdampak banjir apabila hujan turun. Adapun penyebab utama rumah mereka acap kali kebanjiran pada saat hujan, karena sungai yang ada di pemukiman mereka terlalu dangkal akibat dipenuhi pasir yang terbawa arus air.

Bahkan kedalaman sungai hampir sama rata dengan pelataran halaman rumah.

Baru-baru ini, banjir bandang lagi-lagi melanda pemukiman warga RT 034 Dusun Pegegas tersebut, sehingga dampaknya rumah mereka kembali dipenuhi material yang terbawa arus air," Ini bukan sekali dua kali terjadi, tapi hampir setiap turun hujan deras," ujar Repi Putra Yandi SH, salah seorang tokoh pemuda Pangkalan Kasai saat dikonfirmasi pada saat itu.

Menurut Repi, keluh kesah dan kekhawatiran masyarakat setiap kali hujan deras cukup beralasan, karena rumah mereka akan digenangi air dan pasir yang sangat tebal apabila terjadi hujan. "Ini akibat dari gundulnya hutan baik dari bekas tambang batu bara maupun perusahaan sekitar dan masyarakat yang membuka lahan tampa meninggalkan pohon/hutan sebagai penyanggah air," ujarnya.

"Untuk saat ini, Alhamdulillah Pemkab Inhu melalui Dinas PUPR telah merespons dan menurunkan satu unit alat berat untuk membersihkan saluran air tersebut dan sudah mulai dikerjakan," tutupnya.(sur)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index