BLH Rohul Adakan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

BLH Rohul Adakan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

ROHUL - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rokan Hulu mengadakan sosialisasi tentang peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah bersama PKK Pokja 2 Rohul di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah demi lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Ketua PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Tim PKK Pokja 2 Rohul, dan narasumber dari BLH Provinsi Riau, Sofia Sefa, S.H.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman menekankan pentingnya pengembangan sistem manajemen sampah, dimulai dari pengelolaan sampah rumah tangga. Ia juga menekankan pentingnya peran bank sampah dalam memanfaatkan sampah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pengelolaan sampah harus dimulai dengan memilah sampah organik dan non-organik. Kreativitas diperlukan untuk mengolah sampah yang awalnya tidak berguna menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi," ujar Sukiman.

Bupati juga menjelaskan bahwa bank sampah adalah strategi efektif untuk membangun kepedulian masyarakat.

"Konsep bank sampah adalah sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong partisipasi aktif masyarakat. Sistem ini menampung, memilah, dan menyalurkan sampah yang memiliki nilai ekonomi, sehingga masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi dari menabung sampah," tambah Sukiman.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta sosialisasi dan narasumber. Hal ini bertujuan agar Tim PKK Pokja 2 Rohul dapat memberikan arahan dan motivasi yang tepat di setiap kecamatan nantinya.***

Berita Lainnya

Index