Segera Akan Terbentuk Tim Penanggulangan Inflasi dan TBC Pj Bupati Pimpin Rapat Di Pendopo

Segera Akan Terbentuk Tim Penanggulangan Inflasi dan TBC Pj Bupati Pimpin Rapat Di Pendopo

Lhoksukon, riaukarya.com - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si memimpin rapat terkait pengendalian inflasi dan percepatan penanggulangan TBC. Rapat yang berlangsung di ruang rapat pendopo, Senin (10/6/2024), bupati tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi di daerah tahun 2024 dan pengendalian TBC bersama tim SKPD.

Mahyuzar menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari sesuai arahan Menko PMK dimana tiap daerah harus ada tindak lanjut penanganan TBC. Dalam rapat tersebut, Pj Bupati Mahyuzar menyampaikan bahwa akan membentuk tim penanggulangan TBC secepat mungkin.

"Kita berharap dinas harus memantau TBC tersebut supaya cepat tertanggulangi dengan baik sesuai harapan dan arahan Menko PMK dan salah satu kecamatan sudah kita dapatkan 11 Warga terdeteksi TBC," ujarnya.

Menurut Mahyuzar hal ini perlu adanya kolaborasi dan terlibat semua pihak baik lembaga LSM perusahaan-perusahaan. Menyangkut hal tersebut, sambungnya, ada dua hal yang menjadi perhatian pihaknya yaitu TBC dan imunisasi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Amir Syarifudin SKM menyampaikan bahwa untuk Aceh, lokasinya Aceh Utara berkaitan dengan TBC tersebut. Kata Amir, 402 orang  sudah ada dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah," ujar dia.

Hal yang senada juga disampaikan Plt Direktur RSUD Cut Mutia Zulfitri, SKM, MKes, menyampaikan bahwa TBC ini sebenarnya lebih berbahaya dari Covid-19. Pada kesempatan yang sama asisten II juga menyampaikan bahwa akan segera membentuk tim atau SK menyusun tentang kinerja tim.

Sebagai data tambahan, beban maupun estimasi dan target TB Per Puskesmas di Kabupaten Aceh Utara Tahun 2023 dengan jumlah total yaitu Target Pencapaian SPM TBC 11,926.(ZN)

#RiauKarya.com

Index

Berita Lainnya

Index