Lantik Pengurus Pramuka, Bupati Rohul Tekankan Peran Strategis Dalam Pembinaan Generasi Muda

Lantik Pengurus Pramuka, Bupati Rohul Tekankan Peran Strategis Dalam Pembinaan Generasi Muda

ROHUL - Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Rokan Hulu, resmi melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang, Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang, dan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Rokan Hulu untuk masa bakti 2024-2029. Pelantikan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Kompleks Pemda Pasir Pengaraian. Kamis (30/5/2024).

Dalam sambutannya, H. Sukiman mengajak generasi muda, khususnya pengurus Pramuka, untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan memberikan contoh yang baik di tengah masyarakat.

Ia menekankan pentingnya peran strategis Pramuka dalam membina generasi muda, menanamkan nilai-nilai kebangsaan, serta membangun karakter yang tangguh, mandiri, dan berintegritas.

"Kami merasa sangat bangga dapat hadir di sini untuk menyaksikan pelantikan kepengurusan baru yang akan memimpin Gerakan Pramuka Rokan Hulu dalam lima tahun ke depan," ujar Sukiman.

Bupati Sukiman juga menyoroti bahwa Gerakan Pramuka Indonesia, sebagai organisasi pendidikan non-formal, harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tantangan yang semakin kompleks.

"Pramuka tidak hanya menjadi wadah pembinaan karakter, tetapi juga motor penggerak dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan, dan lingkungan hidup," tambahnya.

Ia berpesan kepada pengurus Kwartir Cabang Pramuka Rokan Hulu yang baru dilantik untuk aktif dan kreatif dalam menyusun program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Berikan kontribusi nyata dari gerakan Pramuka yang dapat mendorong percepatan pembangunan daerah, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi," pesan Bupati.

Dengan pelantikan ini, diharapkan Gerakan Pramuka Rokan Hulu akan semakin maju dan berperan aktif dalam pembangunan daerah serta pembinaan generasi muda yang berkarakter kuat dan nasionalis.

"Kami percaya, di tangan kalianlah masa depan Gerakan Pramuka Rokan Hulu akan semakin cerah dan gemilang," pungkas Sukiman.

Hadir dalam kegiatan pelantikan ini Sekda Rokan Hulu, Muhammad Zaki S.STP MSi, Kepala OPD, Pemkab Rohul, Forkompinda Kabupaten Rohul serta pengurus dan anggota Pramuka Rokan Hulu.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Rokan Hulu yang baru dilantik, El Bizri, menyatakan bahwa langkah pertama yang akan dilakukan adalah memenuhi program-program yang telah disusun sesuai dengan visi dan misinya. Salah satu prioritas utama adalah pengelolaan lahan Bumi Perkemahan.

“Kami sudah berkonsultasi dengan pengurus sebelumnya dan mendapatkan informasi bahwa lahan Bumi Perkemahan sudah ada, hanya saja belum sempat diurus dan dimanfaatkan. Ini akan menjadi prioritas kami supaya lahan ini bisa segera dimanfaatkan untuk kegiatan Pramuka,” ujar Bizri.

Pelantikan ini juga diikuti dengan pemberian cenderamata dari Ketua Kwartir Cabang Pramuka Rokan Hulu kepada Bupati Rokan Hulu sebagai tanda apresiasi dan penghormatan.***

Berita Lainnya

Index