Pemkab Rohul Gelar Sosialisasi Inovasi Pendidikan Aplikasi Student QR di Hall Islamic Center

Pemkab Rohul Gelar Sosialisasi Inovasi Pendidikan Aplikasi Student QR di Hall Islamic Center

ROHUL - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menggelar acara sosialisasi inovasi pendidikan dengan memperkenalkan Aplikasi Student QR yang ditaja oleh PT Jaxer Soemitra Nusantara. Acara ini berlangsung di Hall Islamic Center. Rabu, (29/05/2024).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Rohul yang diwakili oleh Asisten II Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H. Damri Poti, S.Sos, M.Ap, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil H. Syaiful Bahri, S.Sos, M.Si, perwakilan PT Jaxer Soemitra Nusantara Fuad Pratama, serta para kepala sekolah, pengawas, orang tua/komite, dan guru perwakilan SD dan SMP dari setiap kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati rohul yang diwakilkan Asisten II Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si menyampaikan pentingnya pendidikan sebagai prioritas utama di Rokan Hulu. Menurutnya, pendidikan harus terus berinovasi seiring dengan perkembangan teknologi agar proses belajar mengajar dapat tersampaikan dengan baik.

"Pendidikan itu dikatakan berhasil apabila peserta didik yang kita ajarkan bisa menjadi orang cerdas, sehat, mandiri dan apalagi jika bisa berguna bagi Nusa dan Bangsa dikemudian hari," ujarnya.

Asisten II juga menyampaikan pendidikan juga dipengaruhi oleh faktor Saints dan Teknologi sesuai dengan kemajuan zaman saat ini agar proses belajar mengajar lebih efektif dan dapat cepat dimengerti oleh peserta didik saat ini, namun hal yang bersifat langsung seperti pengawasan sekolah, pengawasan orang tua dan masyarakat harus sejalan dengan teknologi agar lebih maksimal dalam menjaga dan mencerdaskan generasi saat ini. 

Fuad Pratama perwakilan PT Jaxer Soemitra Nusantara, memperkenalkan aplikasi Student QR yang dirancang untuk meningkatkan kedisiplinan dan motivasi siswa serta mengurangi perilaku negatif dan masalah disiplin.

Aplikasi ini memberikan poin ketika siswa mengirimkan karya mereka lebih awal, menjadi sukarelawan di kelas, berbicara bahasa Inggris dengan baik, datang ke kelas lebih awal, atau perilaku baik apa pun yang diputuskan oleh sekolah.

"Di dalam fitur aplikasinya meliputi pemantauan siswa secara Real Time, meningkatkan interaksi, dapat meningkatkan motivasi dengan papan peringkat, pelaporan cepat dengan sertifikat elektronik instan dan orang tua akan menerima laporan secara Real Time dengan Push Notification," jelas Fuad Pratama.

Perwakilan PT Jaxer Soemitra Nusantara ini juga menyampaikan  Student QR Points, guru secara otomatis mencatat kehadiran siswa dan aktivitas lainnya, menghilangkan kebutuhan untuk mentransfer data dari kertas ke komputer. Semua pelaporan akan ditangani secara otomatis oleh sistem Artificial Intelligence (AI) yang telah dirancang oleh PT Jaxer Soemitra Nusantara, menghemat 90% pekerjaan administrasi guru.

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang kuat, Kabupaten Rokan Hulu siap menyongsong era pendidikan digital yang lebih maju dan modern.***

Berita Lainnya

Index