Bupati Yopi Panen Raya Padi di Kelayang, Produksi Per Hektar Mencapai 6,72 Ton

Bupati Yopi Panen Raya Padi di Kelayang, Produksi Per Hektar Mencapai 6,72 Ton
Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE panen padi di Desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang
KELAYANG - Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto SE bersama Forkominda, Ahad (6/8/2017) melaksanakan panen raya padi dengan produksi rata rata 6,72 ton per hektar di Desa Dusun Tua, Kecamatan Kelayang dengan tema "Mari dukung percepatan swasembada pangan melalui program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai Kabupaten Inhu".
 
Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, R. Agus Widodo mengatakan, untuk mewujudkan swasembada pangan, Pemkab Inhu telah memprogramkan komoditi pertanian tanaman padi, jagung dan keledai (Pajale). Karena pajale merupakan kebutuhan pokok penduduk Nasional dan daerah.
 
Dikatakannya, untuk komoditi padi sawah seluas 1.158 hektare terealisasi tanam sudah seluas 737 hektare atau 63,64 persen. Sementara jagung sasaran seluas 600 hektare dengan realisasi tanan masih 149 hektare, sedangkan kedelai seluas 120 hektare dengan realisasi tanam seluas 20 hektare.
 
Untuk itu, kedepan Dinas Pertanian dan Perikanan terus berupaya melakukan peningkatan pajale di Inhu yang berkerjasama dengan kelompok tani dan dukungan dari Pemprov Riau serta pusat.
 
Kegiatan panen raya padi sawah di Desa Dusun Tua dikelola kelompok tani sumber Rezeki Kelayang. Ini dilakukan untuk memotivasi petani dalam meningkatkan produksi padi sawah. Dimana tanaman padi sawah di Desa Dusun Tua ini seluas 50,5 hektare dengan produktivitas rata-rata gabah kering sebanyak 6,72 ton per hektare yang dikelola kelompok tani dan melibatkan 120 anggota.
 
Sementara itu, Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE mengatakan, untuk menwujudkan swasembada pangan di Inhu, tentunya areal tanaman padi sawah terus diperluas dan pembangunan sarana prasarana oleh kelompok tani bekerjasama dengan instansi terkait terus ditambah.
 
Oleh karenanya, Bupati termuda di Riau ini meminta intansi terkait untuk duduk bersama merumuskan kebijakan mengenai alih fungsi lahan, karena semakin lama areal lahan sawah padi semakin kecil akibat lahan padi sawah dialihfungsikan menjadi areal tanaman keras. 
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati Yopi memberikan kesempatan kepada para petani untuk mengaspirasikan keluhannya selama bertani agar kiranya nanti dapat dicarikan solusinya, sehingga tidak menjadi penghalang bagi kesejahteraan masyarakat khususnya desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang.
 
Selanjutnya, Bupati juga memberikan bantuan benih padi sawah, 1 hand traktor, pupuk organik cair (POC), serta pompa air besar kepada 6 Kelompok Tani Kecamatan Kelayang. Kemudian penyerahan bantuan traktor roda 4 dan hand traktor kepada upja Agri mulya Desa Bukit Selanjut. (fer)

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index