Pj Bupati Mahyuzar Minta KONI Beri Atensi Besar Terhadap Agenda PON XXI

Pj Bupati Mahyuzar Minta KONI Beri Atensi Besar Terhadap Agenda PON XXI

Aceh Utara, riaukarya.com - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, meminta para Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk memberikan atensi penuh terhadap kelancaran pelaksanaan agenda besar nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumut, yang akan berlangsung akhir tahun ini.

“Perlu juga saya tegaskan di sini, bahwa saat ini kita sedang bersiap untuk menghadapi pelaksanaan even besar olahraga nasional yaitu PON ke-XXI. Di Aceh Utara akan berlangsung pertandingan tiga cabang PON di dua lokasi, yaitu di lapangan PT. PIM dan Bandara Malikussaleh,” minta Mahyuza.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, saat menghadiri prosesi pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Aceh Utara periode 2023 – 2027, berlangsung di aula Pendopo Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe, Senin, 29 April 2024.

Kata Mahyuzar, pelaksanaan PON di Provinsi Aceh merupakan yang pertama kali dalam sejarah olahraga nasional. Khusus bagi Kabupaten Aceh Utara, terpilih untuk memfasilitasi pelaksanaan tiga even atau tiga cabang pertandingan. “Ini adalah satu kehormatan bagi daerah kita, untuk itu saya minta kepada KONI untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka men-support suksesnya pelaksanaan even PON tersebut,” harapnya.

Pengurus KONI Aceh Utara masa bakti 2023 – 2027 dilantik oleh Ketua KONI Aceh H Kamaruddin Abubakar. Susunan Pengurus KONI Aceh Utara di antaranya Ketua Umum M Dahlan Ishak, Ketua Harian Misbahul Munir, ST, MM, Wakil Ketua I Drs Alma Fuadi, Wakil Ketua II H Ismed Nur Aj Hasan, SSos, Wakil Ketua III Hendra Yuliansyah, SSos, MAP,  Wakil Ketua IV Dr A Murtala, MSi.

Selanjutnya posisi Sekretaris diisi oleh Nazaruddin, SSos.I, MAg, Wakil Sekretaris Ikbal, SKM, Bendahara Maimun, Wakil Bendahara Muhammad Romi. Kepengurusan juga dilengkapi dengan Bidang-Bidang. Di antaranya Bidang Pembinaan Prestasi diketuai Zulfikar, ST, Wakil Ketua Junaidi, SPd, Bidang Organisasi ketua Fuad Mukhtar, SSos, Wakil Ketua AKP Darli, SK, Bidang Pendidikan dan Penataran ketua Faisal, Wakil Ketua Abdel Naser, SPd,  bidang Sport Science dan IPTEK ketua Maimun, SH, MH, Wakil Ketua M Nur.

Mahyuzar mengatakan Pemkab Aceh Utara menggantung harapan besar ke pundak para Pengurus KONI ke depan, agar menaruh perhatian khusus terhadap peningkatan prestasi olahraga. Hingga saat ini dapat kita maklumi bersama, bahwa capaian prestasi olahraga Kabupaten Aceh Utara belum bisa berbicara banyak. 

Pemkab Aceh Utara terus mendukung program-program KONI untuk melahirkan atlit-atlit berprestasi. Pembinaan ini terus dilakukan secara kontinue, meskipun dengan dana yang terbatas.

Mengingat banyaknya Pengkab cabang olahraga prestasi dan fungsional, maka KONI  dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, serta memiliki pengelolaan manajemen yang teratur. Sehingga menjadi organisasi yang mandiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Hal itu menjadi tuntutan dan harus dilaksanakan oleh KONI, karena keberhasilan suatu organisasi tidak akan pernah tercapai tanpa adanya suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan kerja, serta adanya suatu pengawasan atas pelaksanaan kerja. 

Setidaknya ada tiga tantangan pembangunan olahraga sekarang ini dan ke depan. Yaitu, pertama, tingginya tuntutan masyarakat terhadap peningkatan prestasi olahraga. Kedua, menjadikan olahraga sebagai instrumen pembangunan, dan ketiga, desentralisasi pembangunan olahraga.

Ketiga tantangan tersebut hendaknya perlu dicermati dan diantisipasi secara sungguh-sungguh. Adanya keinginan yang kuat untuk melaksanakan ketiganya dalam satu ayunan kebijakan, sungguh dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi. Untuk itu, pengurus KONI dapat dikatakan berhasil apabila mampu menyusun progam kerja secara tepat sasaran, dan mampu diaplikasi melalui kegiatan di lapangan.

“Jika semua ini mampu dilaksanakan, saya yakin  pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Aceh Utara akan semakin meningkat, dan insya-Allah prestasi para atlit akan sangat membanggakan bagi masyarakat Aceh Utara pada masa-masa mendatang,” ungkap Mahyuzar.

Ketua KONI Aceh H Kamaruddin Abubakar dalam sambutannya mengatakan KONI Aceh saat ini sedang persiapan menghadapi even PON. Pihaknya memohon dukungan dari seluruh pengurus KONI dan masyarakat Aceh Utara agar even PON dapat sukses dan lancar. Pihaknya menargetkan posisi Aceh pada PON kali ini minimal masuk 10 besar.

Ketua KONI Aceh Utara M Dahlan Ishak pada kesempatan itu mengajak seluruh pengurus untuk siap bekerja cepat dan bekerja keras, terutama dalam menyukseskan PON mendatang. 

Acara pelantikan Pengurus KONI Aceh Utara periode 2023 - 2027 turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Aceh M Nasir Syamaun, SIP, MPA, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, SE, para pejabat Forkopimda Aceh Utara, para pejabat SKPK, para Ketua Pengkab Cabang Olahraga Aceh Utara, dan pejabat terkait lainnya.(ZN)

#RiauKarya.com

Index

Berita Lainnya

Index