Pemkab Natuna Gelar MTQ Tingkat Kabupaten yang ke XI Tahun 2024 di Masjid Agung

Pemkab Natuna Gelar MTQ Tingkat Kabupaten yang ke XI Tahun 2024 di Masjid Agung
Foto bersama usai acara pembukaan MTQ ke sebelas tahun 2024 di Masjid Agung Natuna Senin April 2024 malam (foto:zani)

Riaukarya.com.Natuna- Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke sebelas di Halaman Masjid Agung Natuna, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (21/4/2024) malam.

Acara yang akan digelar dari 21 April hingga 26 April 2024 itu  dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, dengan dihadir Walikota Batam, Muhammad Rudi, Bupati Natuna, Wan Siswandi, Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Sekda Natuna, Boy Wijanarko, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Mustamin Bakti, para FKPD, para Asisten, Staf Ahli, seluruh Pimpinan OPD, para wakil dan anggota DPRD Natuna, SKPD, para Camat, Kades, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Natuna ke XI akan dilaksanakan di 6 lokasi yakni Masjid Agung Natuna, Masjid Ibnu Salim Ranai Darat, Masjid Mulana Bandarsyah, Asrama Haji Komplek Masjid Agung, Museum Natuna dan MAN 1 Natuna.

MTQ ke XI tingkat Kabupaten Natuna tahun 2024 mengusung tema "Dengan MTQ XI Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2024, Kita Jadikan Nilai-nilai Al-Qur'an Sebagai Amalan Dalam Kehidupan Sehari-hari".

MTQ Tingkat Kabupaten Natuna ke XI akan di ikuti oleh 17 Kecamatan, kegiatan akan berlangsung dari tanggal 21 sampai 26 April 2024.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina dalam sambutannya ketika membuka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna ke XI menyampaikan, MTQ tingkat Kabupaten merupakan agenda tahunan dalam mencari bibit terbaik untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

"Pelaksanaan MTQ menjadi momentum dalam mewujudkan misi menciptakan kualitas sumber daya manusia yang Qurani," jelas Wagub Marlin.

Marlin juga menjelaskan pemerintah provinsi Kepulauan Riau terus melaksanakan beberapa langkah strategis untuk kemaslahatan umat khususnya di Kabupaten Natuna.

"Kami memberikan insentif keagamaan dengan alokasi 2024 sebesar Rp.1,14 M dengan 983 penerima dan pemberian insentif guru pendidik MA dengan harapan dapat menjadi penyemangat bagi para pendidik," ungkap Marlin.

Diakhir sambutannya, Marlin memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Natuna dan seluruh panitia penyelenggara.

"semoga dengan pelaksanaan MTQ ini  akan melahirkan insan qurani," tutupnya.

Sementara Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan momentum MTQ adalah tempat dimana berkumpulnya masyarakat dalam suasana yang dipenuhi dengan nilai Qurani.

"Tentunya momentum ini patut kita syukuri, karena melalui penyelenggaraan kegiatan ini kita dapat kembali secara bersama sama memuliakan keagungan yang terkandung dalam Al-Qur'an," ucap Bupati Siswandi.

Lebih lanjut, Bupati Siswandi menjelaskan berbagai trobosan program kerja LPTQ bersama pemerintah daerah telah dirancang dan dilaksanakan namun sejauh ini dirinya masih belum merasa puas dengan prestasi yang diperoleh oleh Natuna dari tahun-tahun sebelumnya.

"Hasil akhir MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun lalu kita belum dapat memperoleh hasil maksimal artinya kita belum mampu menunjukkan peningkatan sebagaimana yang kita harapkan bersama," terangnya.

ebih lanjut, Bupati Siswandi menjelaskan untuk mewujudkan hal diatas maka diperlukan program kerja yang tepat serta didukung oleh seluruh unsur terutama LPTQ Kabupaten agar lebih fokus dalam pembinaan cabang-cabang yang diperlombakan.

"Saya berharap kepada seluruh unsur pembinaan hendaknya selalu membangun koordinasi yang baik guna memecahkan segala permasalahan dan hambatan dibidang pembinaan Tilawatil Quran serta menggiatkan berbagai kegiatan Tilawatil Quran," pinta Bupati Siswandi.

Dengan optimalnya pembinaan yang dilakukan Wan Siswandi yakin kelak Natuna akan mampu memberikan persaingan yang lebih baik di ajang MTQ provinsi bahkan tingkat Nasional.

 

Diakhir penyampaiannya Bupati Siswandi berpesan agar seluruh peserta MTQ agar bersemangat dan selalu Istiqomah dalam mengikuti kegiatan dan memaksimalkan segala kemampuan dan keterampilan namun tetap mengedepankan nilai-nilai sportifitas.

"Kepada dewan hakim saya pesankan bahwa setiap putusan yang diambil haruslah profesional, adil dan bijaksana, sehingga keputusan tersebut benar-benar dapat menggambarkan kondisi riil dari kemampuan para peserta di setiap cabang," lugasnya.

Siswandi berharap hasil akhir pelaksanaan MTQ kali ini benar-benar memberikan gambaran peluang peningkatan prestasi dari para duta Tilawatil Quran Natuna yang nantinya akan dipersiapkan di ajang MTQ tingkat Provinsi Kepulauan riau.

Sedangkan Ketua LPTQ Kabupaten Natuna, Rodhial Huda menyampaikan segala persiapan sudah dilakukan oleh para pengurus LPTQ tingkat kecamatan bagi para Qori' dan Qori'ah agar dapat memberikan penampilan terbaik pada setiap cabang yang dipertandingkan.

"Saya yakin dan percaya seluruh kafilah akan berupaya mempersiapkan diri semaksimal mungkin, jadikan momentum ini untuk mengukir prestasi sekaligus sebagai wahana mempererat silaturahmi dalam kerangka ukhuwah islamiah," sebut Wabup.

Lanjut Wabup Rodhial, LPTQ Kabupaten Natuna terus berupaya merealisasikan tujuannya untuk menjadi lembaga yang menyelenggarakan program pembinaan Tilawatil Quran secara terus menerus dan berjenjang di setiap lapisan masyarakat.

Wabup Rodhial menyadari untuk melaksanakan amanah yang diemban ini membutuhkan berbagai potensi penduduk baik ketersediaan anggaran, fasilitas yang memadai, dukungan dari berbagai lembaga pembinaan Al-Quran, sumberdaya manusia yang berkemampuan serta berbagai aspek pendukung lainnya.

"Sebuah tugas yang cukup besar namun jika peranan itu menjadi perhatian bersama bukan tak mungkin natuna mampu mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang Qurani sebagai penggerak roda pembangunan daerah dimasa depan," tutupnya.

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Natuna ke XI ditandai dengan penekanan tombol layar monitor oleh Wagub Kepri dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan. (MK/zani)

Berita Lainnya

Index