Meriahkan 1 Syawal 1445 H Masyarakat Midai Lomba Takbir Keliling

Meriahkan 1 Syawal 1445 H Masyarakat Midai Lomba Takbir Keliling
Salah satu rombongan peserta takbir keliling (foto:zani)

Riaukarya.com.Natuna- Dalam rangka memeriahkan 1 Syawal 1445 Hijriah, Pemerintah Kecamatan Midai dan Suak Midai menggelar Pawai Takbir Keliling se Pulau Midai.

Peserta pawai takbir keliling berasal dari rumah Ibadah yang berada di Pulau Midai, baik dari Kecamatan Midai dan Kecamatan Suak Midai.

Camat Suak Midai, Zulkifli S.IP, mengungkapkan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan ini merupakan salah satu cara mensyiarkan Agama Islam.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan positif, memupuk kebersamaan dan persaudaraan sesama kita," sebutnya melalui pesan singkat, Jumat (12/4/2024) pagi.

Sementara Camat Midai, saat dimintai tanggapan lebih lanjut  Zulfani Afwan S.IP, menyampaikan rasa gembira dan bahagianya, bahwa antusias rumah-rumah ibadah di Pulau Midai dalam mengikuti pawai ini sangat luar biasa.

"Saya sangat bangga dan senang melihat antusias rumah-rumah ibadah yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan swadaya dan gotong-royong, tercipta dekorasi Tosa (kendaraan roda tiga), peserta Takbir dan pemukul bedug yang luar biasa," tambahnya pula.

Ungkapan senada juga dikatakan Ketua Pelaksana Kegiatan, Safarudin, S.PD.SD, yang merupakan Lurah Sabang Barat Kecamatan Midai, dirinya berujar Pawai Takbir Keliling ini diperlombakan.

"Pawai Takbir Keliling Pulau Midai tahun ini kita perlombakan, baik itu dari Kecamatan Midai maupun Kecamatan Suak Midai, dan juaranya juga nanti dipisahkan per Kecamatan masing-masing," katanya.

Adapun teknis dan rute yang akan dilalui oleh peserta nantinya akan dipanggil terlebih berdasarkan nomor undian, maju untuk mengumandangkan Takbir Panjang, dan akan dinilai oleh dewan juri, begitu selanjutnya hingga seluruh peserta selesai tampil.

Setelah semua selesai dinilai, peserta Takbir Keliling akan menempuh rute Tanjung Selamat, melintasi depan Kantor Camat Midai-Tugu Merdeka-Tugu KNPI-belok jalan Darat depan Asrama Polisi-Air Putih-Kecamatan Suak Midai-Kembali Finish di Astaka Kecamatan Midai.(RK/Zani)

Berita Lainnya

Index