SD Negeri 018 Sungai Arang Gelar Pesantren Kilat

SD Negeri 018 Sungai Arang Gelar Pesantren Kilat

INHU - Selama bulan Ramadan SDN 018 Sungai Arang, meng­ganti pembelajaran umum men­jadi pembelajaran agama. Dalam pembelajaran yang dinamakan pesantren ramadhan itu, yang hanya dilakukan selama 3 hari di bulan Ramadan, mulai Selasa s/d Kamis (26-27-28/3/2024).

Pesantren kilat sangat penting bagi siswa. Ini karena dalam pem­berian materi, siswa diajarkan tentang pendidikan agama mulai dari mengaji, sejarah Islam, pen­tingnya dan makna berpuasa dan materi lainnya.

Kepala SDN 18 Sungai Arang, Zaenudin S.Pd mengatakan, selama Rama­dan siswanya wajib mengikuti pesantren kilat. Pesantren kilat ini sebagai pengganti pembelajar­an umum salama bulan Ramadan. Dia menerangkan, pesantren kilat sama seperti pembelajaran umum, hanya saja pembelajaran yang dilakukan membahas tentang agama Islam.

Kegiatan pesantren kilat ini juga di isi dengan lomba diantaranya, lomba Pildacil dan lomba bacaan surat pendek yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi mulai dari kelas satu sampai kelas enam.

"Pentingnya pesantren kilat ini, siswa jadi lebih tahu dan paham serta meningkatkan ketaqwaan mereka untuk beribadah. Tidak hanya itu, setelah bulan Ramadan mereka tetap bisa mengikuti apa yang diajarkan selama pesantren kilat," Zaenudin saat ditemui pada acara, Selasa (26/3/2024).

Zaenudin juga menambahkan, para siswa juga diajarkan makna berpuasa di bulan Ramadan. Jadi bukan hanya menahan lapar dan haus, mereka juga paham apa makna puasa sebenarnya. Maka itu, sangat penting bagi siswa pesantren kilat.

"Sepengetahuan mereka, puasa menahan lapar dan haus. Tetapi bukan hanya itu. Jadi kita jabarkan di pesantren kilat agar mereka paham dan tetap Istiqomah men­jalani ibadah puasa," paparnya.

Terakhir Kepala SD Negeri 018 menyebutkan, dengan digelarnya pesantren ramadhan ini, mari kita tingkatkan aqidah dan akhlaq siswa-siswi agar lebih baik.(sur)

Berita Lainnya

Index