BBM di Natuna untuk Lebaran Tahun Ini Dipastikan Aman

BBM di Natuna untuk Lebaran Tahun Ini Dipastikan Aman
(foto:net)

Riaukarya.com.Natuna - Cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Patra Niaga Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) dipastikan aman selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal ini disampaikan oleh Section Head Communication Relations Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Tengku Muhammad Rum saat mengawali Penyampaian Kesiapan Satgas Idul Fitri 2024 Provinsi Kepulauan Riau dan Natuna melalui Zoom, Selasa, 26 Maret 2024.

Menurutnya jaminan tersebut diperkuat dengan dibentuknya Satgas RAFI 2024 yang secara nasional dilaunching 25 Maret 2024 kemarin.

Disisi lain tujuan dibentuknya Satgas Rafi Pertamina Patra Niaga adalah untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan BBM terutama dalam menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sementara itu Sales Area Manager Retailer Kepulauan Riau, Bagus Handoko dalam pemaparannya menyampaikan kesiapan Satgas RAFI dalam menyambut event besar nasional Ramadhan dan Idul Fitri di Provinsi Kepri khusunya di Natuna.

Bagus Handoko, menyampaikan gambaran realisasi penyaluran produk-produk energi di Kabupaten Natuna dari kuota dan realisasi lancar sehingga seluruh produk energi subsidi untuk Kabupaten Natuna berdasarkan hasil evaluasi Januari sampai dengan 17 Maret 2024 tidak akan ada isu terkait kuota.

"Secara status stok khusunya di full Terminal Natuna Group yang mensuplai 14 lembaga penyalur, untuk totalnya 661 Kilo Liter dapat mengcover untuk 14 hari ke depan begitu juga untuk Bio Solar dan Avtur," ucapnya.

Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri konsumsi energi secara umum di Kepulauan Riau maupun Natuna konsumsi gas dan solar mengalami penurunan akibat kegiatan rumah tangga dan nelayan pada bulan Ramadhan mengurangi aktifitasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bagus juga menjelaskan saat ini untuk operasional penyaluran bongkar minyak maupun penyaluran terkendala aktifitas di pelabuhan, dimana dermaga satu-satunya dimanfaatkan untuk kebersamaan salah satunya dengan tol laut.

Namun demikian ke depan kendala tersebut akan diatasi dengan mitigasi sudah dilakukan optimalisasi maupun penjadwalan yang lebih detail sehingga adanya tol laut yang memanfaatkan dermaga yang sama tidak mengganggu operasional penyaluran BBM kepada seluruh masyarakat Natuna.

Diakhir sesi Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria menyampaikan pada dasarnya untuk kebutuhan pasokan baik itu BBM, energi selama Ramadhan dan Idul Fitri tidak ada kendala meskipun ada beberapa isu yang ada di Natuna, hal itu sudah dapat di mitigasi.

"Insya allah tidak ada kendala, saya sampaikan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan bergembira dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri," ucap Susanto August Satria. (RK/Zani)

Berita Lainnya

Index