Bupati Rohul Buka Penyeleksian Anggota Paskibraka Untuk Peringatan Hari Kemerdekaan 2024

Bupati Rohul Buka Penyeleksian Anggota Paskibraka Untuk Peringatan Hari Kemerdekaan 2024

ROHUL - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, secara resmi membuka penyeleksian bagi calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk mengisi peran dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024. Senin (04/03/2024)

Penyeleksian ini diadakan di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Rokan Hulu dengan tujuan mempersiapkan Paskibraka dari para siswa-siswa terbaik.

Menurut Bupati H. Sukiman, penyeleksian anggota Paskibraka ini bertujuan untuk memilih siswa-siswa terbaik yang memiliki kesiapan fisik, kesehatan jasmani dan rohani yang baik, serta kecerdasan. Meskipun banyak yang mendaftar dan semuanya memiliki potensi yang baik, namun karena keterbatasan, hanya 45 siswa yang akan dipilih.

"Dalam penyeleksian ini, kita ingin memastikan bahwa anggota Paskibraka yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan siap untuk mengemban tugas mereka dengan baik," ujar Bupati saat di wawancarai oleh awak media usai melaksanakan pembukaan seleksi.

Bupati juga menekankan kepada panitia seleksi calon Paskibraka untuk menjalankan tugasnya dengan adil dan tanpa pilih kasih. Hal ini bertujuan agar generasi penerus bangsa memahami betul pentingnya persatuan dan kesatuan serta memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

H. Sukiman juga berpesan kepada pelatih atau penyeleksi, mengingatkan agar mereka mematuhi aturan yang berlaku dengan sungguh-sungguh.

"Pasukan Paskibraka ini adalah sebagai garda terdepan dalam mengibarkan sang saka Merah Putih, dan kualitas serta keseriusan dalam penyeleksian menjadi kunci keberhasilan acara peringatan kemerdekaan Indonesia," jelas Bupati.

Pada acara yang sama, Pj. Kepala Badan Kesbangpol Rohul Irvandri menjelaskan bahwa sebanyak 326 siswa/i dari tingkat SMA telah mendaftar untuk mengikuti seleksi Paskibraka. Mereka terdiri dari 148 putra dan 178 putri.

"Kita berharap, mereka yang terpilih nantinya dapat melaksanakan tugas mulia dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2024 nanti," katanya.

Penyeleksian ini juga dilakukan secara terbuka, dari tingkat daerah hingga pusat, sehingga memungkinkan siswa-siswa terbaik dari berbagai wilayah di Kabupaten Rokan Hulu dapat berpartisipasi dalam proses seleksi ini.

Dengan dibukanya penyeleksian ini, diharapkan bakat dan potensi para siswa-siswi terbaik dapat ditemukan dan dipersiapkan dengan baik untuk mengisi peran penting dalam upacara peringatan kemerdekaan negara.

Semoga para calon Paskibraka dapat menjalani proses seleksi dengan baik dan meraih kesuksesan dalam tugas mulianya untuk bangsa dan negara," pungkasnya mengakhiri.***

Berita Lainnya

Index