Disambut Reog Dan Randai Warga Jalur Patah Apresiasi Kehadiran Bupati Suhardiman

Disambut Reog Dan Randai Warga Jalur Patah Apresiasi Kehadiran Bupati Suhardiman
Disambut Reog Dan Randai Warga Jalur Patah Apresiasi Kehadiran Bupati Suhardiman

KUANSING  - Bupati Kuantan Singingi H Suhardiman Amby menggelar Audiensi sekaligus Silaturrahmi dengan masyarakat  Desa Jalur Patah Kenegerian Teratak Air Hitam dan Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Sentajo Raya. Bertempat di Lapangan Libuai Desa Jalur Patah. Jumat, (08/12/2023). 

Di desa Jalur Patah Audiensi Bupati disuguhi dengan penampilan seni budaya seperti penyambutan Bupati Suhardiman dengan Tari Reog dan juga seni khas Kuantan yaitu Randai. 

Penampilan seni budaya tersebut mendapatkan apresiasi dari Suhardiman yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam. Disampaikan Datuk Panglimo Dalam sambutannya.
"Penampilan seni tari seperti ini yang kita harapkan, beragam tidak hanya tradisi Kuantan saja ada seperti tari reog, Kuda  Lumping, Tari tor tor dan banyak budaya lainnya. Karena di Kuansing terdiri dari beragam suku bangsa, ada Jawa, Sunda, Batak dan Melayu. Dan untuk desa desa lain, kecamatan lainnya dapat mencontoh hal positif ini", jelas Datuk Panglimo Dalam. 

Khusus untuk Pacu jalur diharapkan tetap menjadi event akbar masyarakat kuansing. Tahun ini  2023 pacu jalur di gelar setiap bulan sesuai kalender wisata Kuansing begitupun tahun depan. Tetap dengan tradisi dan sakral. Karena Pacu jalur ini momentum untuk mempererat tali kekeluargaan. Yang menunjukkan potensi yang dimiliki Kuansing, mulai dari UMKM, pendidikan, seni budaya dan sebagainya sekaligus untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Karena Kuansing merupakan kota bermarwah, bermartabat dan berbudaya", tutup Suhardiman Amby.


Hal senada disampaikan kepala desa Jalur Patah Fahrizal, terkait dengan rencana ke depan untuk menjadikan desa Jalur Patah sebagai desa Wisata. Namun tak dipungkiri tetap mendukung program wisata Kuansing yaitu Pacu Jalur. " Kami berencana akan menjadikan desa Jalur Patah sebagai desa wisata dengan harapan dukungan Bapak Bupati dan pemerintah daerah. Namun tetap mendukung program wisata pemerintah Kuansing yang utama yaitu tradisi pacu jalur." Ucapnya

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index