Hadir Melayur Jalur Ribuan Warga Kopah Antusias Sambut Kehadiran Gubernur Riau

Hadir Melayur Jalur Ribuan Warga Kopah Antusias Sambut Kehadiran Gubernur Riau
Hadir Melayur Jalur Ribuan Warga Kopah Antusias Sambut Kehadiran Gubernur Riau

KUANSING - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution, S.ip di dampingi oleh Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby, AK. MM yang diwakili Sekda Dedy Sambudi, hadir ditengah masyarakat dalam pelayuran jalur Carano Kuansing Koto Tuo Kopah, Jum'at (08/12/2023) malam. 

Bupati H.Suhardiman Amby dalam kata sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Dedi Sambudi bahwa animo masyarakat dalam pembuatan jalur ini sangat tinggi sehingga kalau tidak diatur dan dikontrol maka semua desa akan mencari kayu jalur, Untuk itu Bupati melimpahkan ke dinas pariwisata bagaimana cara dalam pembuatan jalur ini bukan dibatasi namun dengan menjaga hutannya, sedangkan jalurnya tetap ada. Untuk mengeluarkan kayu jalur ini tentu membutuhkan modal yang cukup banyak hampir ratusan juta. Belum lagi kondisi Medan yang jauh dalam hutan. 

" Untuk itu kedepannya pacu jalur ini kita tingkatkan lagi, informasi yang diterima akan dapat bantuan dari keuangan propinsi (Riau) lebih kurang 3 M, juga nanti akan mendapatkan bantuan dari Dinas pariwisata provinsi untuk pemetaan taman jalur, apakah nanti paping blok atau siminisasi" juga mendoakan Gubri semoga tahun 2024 bisa hadir dan meresmikan pacu jalur, ujarnya. 

Ia juga menambahkan memohon kepada Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution, S.ip yang mana sampai hari ini pengesahan APBD 2024 belum disahkan agar  bisa untuk memfasilitasi legislatif dan eksekutif agar bisa duduk bersama. Tutupnya. 

Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution, S.ip tampak begitu antusias dalam pelayuran jalur karena sebelumnya ia pernah menyaksikan pacu jalur tapi untuk pelayuran ini yang pertama kalinya dan ia ingin secara langsung melihat dan bagaimana proses nya. Tentunya ini sudah ada secara turun temurun, untuk itu ia ingin tahu yang ada di Kuantan Singingi ini baik itu Pacu jalurnya atau pelayurannya. Tetapi gubernur nya tidak paham, imbuhnya. Spontan disambut gemuruh tepuk tangan, begitu terlihat ramainya masyarakat yang mensukseskan pelayuran ini. 

Beliau ingin agar pariwisata kuantan Singingi ini khususnya pacu jalur lebih dikenal itu sebabnya dari provinsi berupaya ikut andil dalam memberikan bantuan yang merata dari 12 kabupaten provinsi yang tentunya juga membutuhkanya. Dan tentunya silahturahmi juga terjalin. Pungkasnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghadiri gerakan subuh berjamaah dengan mengatakan bahwa ia membawa rombongan dari provinsi sebanyak 50 orang untuk gerakan subuh berjamaah ini. Pada sabtu (09/12/2023) subuh. 

Turut hadir di pelayuran ini OPD kuantan Singingi,Niniak mamak, kepala desa, BPD dan masyarakat kenegerian Kopah.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index