Hadiri FGD Soal Kebakaran Hutan dan Lahan Serta PETI Bupati Kita Akan Bentuk Tim Terpadu

Hadiri FGD Soal Kebakaran Hutan dan Lahan Serta PETI Bupati Kita Akan Bentuk Tim Terpadu
Hadiri FGD Soal Kebakaran Hutan dan Lahan Serta PETI Bupati Kita Akan Bentuk Tim Terpadu

KUANSING - Kita akan bentuk Tim Satgas Karhutla dan Aktivitas Penambangan Tanpa Izin (PETI) Kabupaten Kuantan Singingi, serta pembentukan tim komando, dalam penyusunan langkah preventif, hal tersebut disampaikan Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby saat menjadi narasumber di Focus Group Discussion (FGD) di Aula Polres Kuansing, Rabu 13/09/2023 pagi. 

“Sejauh ini, Pemkab terutama Instansi BPBD, Damkar sudah kita persiapkan juga  dalam upaya  mencegah karhutla di Daerah yang rawan karhutla,” ujar H. Suhardiman 

Untuk memaksimalkan penanganan tersebut tentu pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait, terutama Polres Kuansing beserta jajaran, TNI dan stakeholder yang ada akan bekerjasama dalam upaya penanggulangan pencegahan tersebut, terang Suhardiman. 

Sementara persoalan PETI, kita akan bersama-sama dengan masyarakat terutama dalam pengalihan area PETI yang digarap oleh masyarakat, 

“wilayah area penambangan emas tersebut saat ini jadi mata pencarian utama di masyarakat, jika hal tersebut dilarang, tentu kita akan menutup sumber ekonomi masyarakat, maka dari itu seluruh stakeholder akan berjibaku dalam memikirkan perencanaan dalam membuat area penambangan yang legal, agar tidak terjadi persoalan seperti biasanya” jelasnya. 

Masyarakat juga harus menyadari, jika tidak ada perubahan aktifitas PETI tersebut, tentu berdampak besar terhadap lingkungan terutama di Kuansing 

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegitu mengatakan, kegiatan FGD mengatakan, yang disampaikan Bupati H. Suhardiman tadi merupakan bentuk nyata atas kepedulian pemerintah daerah bersama elemen terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Kuansing. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan. Memberikan pemahaman serta kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

“Jika hal ini bisa terlaksanakan dengan baik, insyaallah bencana dan kerusakan lingkungan yang kerap timbul akibat karhutla ini dapat kita kendalikan. Serta dampak ke makhluk hidup dalam hal kesehatan bisa teratasi dengan baik,” ucapnya. 

Beberapa Daerah yang terdata di titik koordinat yang sudah didapatkan oleh pihak Polres Kuansing yaitu Logas Tanah Darat, Kuantan Mudik, Pucuk Rantau, Kuantan Hilir Seberang, dan Singingi Hilir. 

Turut hadir selaku narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deflides Gusni, yang di dampingi sejumlah kepala OPD, Formopimda, LAN, LAM, serta beberapa masyarakat

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index