Uforia Kemerdekaan

HUT RI di Desa Bukit Indah Mengingatkan Kita ke Zaman 45

HUT RI di Desa Bukit Indah Mengingatkan Kita ke Zaman 45
Usai upacara, Kades Bukit Indah Wawan saat foto bersama anak anak Paskibra

INHU - Bentuk syukur dan suka cita bangsa atas kemerdekaan negeri tercinta, dirayakan 17 Agustus 2023 oleh segenap rakyat. Sudah tentu kemerdekaan adalah anugerah Illahi dan hadiah termegah bagi bangsa yang berhasil membebaskan diri dari cengkeraman kaum penjajah. 

Desa Bukit Indah kecamatan Rakit Kulim kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) adanya, memperingatinya dengan penuh semangat kemerdekaan. Di mulai sejak beberapa hari sebelumnya dngan berbagai acara rakyat, lomba berbagai kreasi masyarakat, pertunjukan hingga puncaknya di hari H. Dimana desa yang dipimpin oleh Kepals desa Wawan tersebut terlihat begitu sakral menggelar upacara bendera dan semarak menyajikan aneka hiburan untuk semua warganya. 

Dalam upacara penaikan bendera, terlihat tampil Kades Wawan selaku Insfektur upacara. Sedangkan komandan upacara diemban oleh Mohammad Bakeri, pembacaan teks Proklamasi oleh Wardiono dan Doa oleh Asep Indriawan. Upacara diikuti oleh ratusan warga diberbagai kalangan, yakni warga dari dusun Suka Damai, Dusun Suka Jaya, dusun Suka Jadi, dan dusun Suka Mulya. 

Selain itu, peserta upacara juga dihadiri oleh barisan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, Karang Taruna, PKK, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 009 Bukit Indah, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri (SLTPN) 03 Rakit Kulim dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 01 Rakit Kulim. 

Upacara bertambah hikmah ketika barisan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) menggebrak langkah membawa sang merah putih menuju tiang bendera. Derap langkah Paskibra menambah suasana area pun makin cetar membahana. Penghormatan dari semua peserta pun diberikan hingga sang saka merah putih berkibar gagah diangkasa. 

Usai upacara, acara pun dilanjutkan dengan makan tumpeng (nasi saji) yang dibawa oleh warga masing masing dusun di desa Bukit Indah. Nampak juga Kades Wawan beserta istri Dina Stia Rini SE menyalami Paskibra dengan tepuk pundak keselamatan. Nampak kades Wawan juga menepuk pundak para pelatih Paskibra diantaranya Agus Riadi dan Danil Sutrisno dengan ucapan sukses dan rasa terimakasihnya, " terimakasih acara sukses berkat kekompakan kita semua " ujar Wawan. 

Setelahnya, tampil pertunjukan sangat menghibur dari puluhan warga desa. Terutama dari dusun Suka Damai yang mempersembahkan penampilan jubrai sebagai pengingat zaman dahulu kala. Para jubrai itu tampil begitu culun, dan bertambah blo'on saat mereka joget dangdut. Benar benar mengocok perut orang jika dilihat mereka yang tampil lucu melenggokan badan oleh musik dangdut lawas yang divokali oleh penyanyi legendaris Ida Laila, " Berulang-ulang kali telah kukatakan, Diriku ini hanyalah seorang biduan" demikian bunyi lagunya yang diputar berulang kali pula dibarengi joget dangdut ala bujangan bujangan desa zaman bahela. 

Mantan Kades Edi Carpadi juga hadir dalam upacara. Ia menjadi tamu undangan diantara banyaknya tokoh masyarakat. Menurut Edi, saat dikonfirmasi awak media ini mengaku puas melihat acara desa yang begitu semarak dengan antusias masyarakat. Sebagai orang yang pernah menitipkan tampuk kepemimpinan desa, Edi berharap bahwa kemeriahan dalam peringatan hari kemerdekaan saat itu hendaknya akan menambah semangat warga di waktu yang akan datang, " saya puas melihat acara ini, seperti apa yang dulu pernah saya lakukan, hari ini masih terlihat lagi dimata saya " tutupnya.(by)

Berita Lainnya

Index