Perdana Kesbangpol Rohil Tangani Paskibraka Tahun Ini

Perdana Kesbangpol Rohil Tangani Paskibraka Tahun Ini
Kaban Kesbangpol Rohil, H Fadli SH MSi saat menjelaskan sebagai pelaksana untuk Paskibraka tahun 2023 ini, Selasa (8/8/2023). (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

ROHIL - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dinobatkan sebagai pelaksana untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 ini. Bakesbangpol Rohil mendatangkan pelatih Paskibraka dari TNI, Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Rohil, H Fadli SH MSi menjelaskan, untuk peserta Paskibraka Rohil tahun ini berjumlah 30 orang berasal dari utusan sekolah-sekolah setiap kecamatan se-Rohil dari hasil seleksi.

"Pas seleksi kemarin, ada perwakilan setiap kecamatan, dan Kecamatan Bangko karena banyak yang mendaftar jadi banyak juga perwakilannya. Hampir sebagian peserta dari Kecamatan Bangko, kemudian dari Bagan Batu, Simpang Kanan, Pujud, Tanah Putih dan Rantau Kopar ada perwakilannya," sebut Fadli, Selasa (8/8/2023).

Untuk 30 peserta tersebut, jelas dia, ada 15 laki-laki dan 15 perempuan. Kemudian tiga Paskibraka Rohil juga lolos seleksi untuk Paskibraka Provinsi Riau.

"Untuk Paskibraka yang lolos provinsi sudah kita kirim pada 1 Agustus kemarin. Alhamdulillah sekarang sudah mengikuti latihan," ungkapnya.

Untuk Paskibraka Rohil sendiri, lanjut Fadli, sudah mulai start latihan pada 3 Agustus kemarin. Latihan ini dilakukan selama kurang lebih sekitar dua minggu, selanjutnya mereka baru akan melakukan latihan gabungan dengan Pasukan 45 TNI.

Tahun ini, sebut Fadli, Pasukan 45 ini berganti dari tahun kemarin. Tahun sebelumnya Pasukan 45 berasal dari Polri, dan di tahun ini dari TNI. Begitu juga untuk koordinator tahun ini dari TNI dan tahun berikutnya kembali koordinatornya Polri.

Sementara sambung dia, untuk pelatih tetap dari TNI, Polri dan PPI. Paskibraka ini juga sudah diserahkan kepada pelatih, dan latihan intensif ini diperkirakan sampai 14 Agustus mendatang. Selanjutnya mereka akan diistirahatkan untuk persiapan gladi dengan pasukan gabungan ditanggal 14 itu.

Kemudian untuk pengukuhan Paskibraka juga akan digelar ditanggal 14 Agustus tersebut. Nanti yang akan mengkordinir yaitu Bagian Kesra Sekretariat Daerah.

Selanjutnya setelah upacara 17 Agustus selesai, kata Kaban Kesbangpol Rohil, para Paskibraka akan mengikuti Bimtek. Jadi dulu Paskibraka ini dibawah naungan Kementerian Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Namun sekarang sudah dibawah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang diketuai Ibuk Megawati.

Maka sebut Fadli, pada tahun ini Paskibraka diarahkan ke Kesbangpol karena Bidang Ideologi adanya di Kesbangpol. Artinya ini perdana di Kesbangpol, sementara anggaran sebelumnya adanya di Disparpora, tapi setelah ada putusan dari pusat, maka anggaran itu dikirim Bappeda ke Kesbangpol. Maka dengan dana inilah dijalankan.

"Alhamdulillah mudah-mudahan anak-anaknya sehat sampai akhir dengan kondisi cuaca yang seperti sekarang ini. Orang-orang ini nanti juga bisa menjadi Duta Pancasila untuk sekolahnya. Apa yang dibimbing oleh pelatihnya bisa dibawa ke sekolahnya," ucap Kaban Kesbangpol. (rif)

#Riau

Index

Berita Lainnya

Index