Aspirasi Rakyat

Adat di Inhu Harus Kuat

Adat di Inhu Harus Kuat
Kaum wanita adat di Batang Cenaku saat persembahan acara memainkan alat musik tradisionil mengiringi beberapa tarian muda mudi adat.

Adat di Inhu Harus Kuat 

INHU - Tak ingin adat di wilayahnya lemah, masyarakat suku Talang Mamak yang dimotori Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menggelar acara. Acara tersebut bertema Penguatan Managemen Internal Lemabaga Batin Adat di Delapan Komunitas Adat Talang Mamak dan Pembelajaran Kader Pemuda / Pemudi Adat Talang Mamak. 

Acara digelar di Balai Adat desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Senin (20/6) sekira pukul 09.00 WIB. Acara dihadiri para anggota AMAN, para tokoh adat dan sejumlah tamu undangan dari pihak Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Inhu dan Unsur Pimpinan Kecamatan ( Upika) Batang Cenaku. 

Diantara pihak Muspida yang hadir adalah dari Kepala Bagian (Kabag) Hukum pemerintahan Inhu, Tri Joni dan anggota sebagai utusan Bupati, perwakilan kepala dinas pendidikan dan perwakilan kementrian pendidikan dari Jakarta, Sita Rohana yang sekaligus bertindak membuka acara tersebut secara resmi. 

Sedangkan dari Upika hadir Camat Batang Cenaku Dudi Sumbari, perwakilan Danramil 003, Pelda Heriyadi, Kapolsek Batang Cenaku, Iptu.Adam Efendi SH.MH. Sementara Kades Aur Cina Suherman bersama ketua AMAN Gilung, Babinkamtibmas setempat Aipda. Edi Hendra Simanjuntak dan para Batin adat tampil menyambut hangat para tamu layaknya tuan rumah. 

Nampak diantara 9 batin adat diantaranya adalah Batin Parit Irasan, Batin Pembubung Darwin, Batin Pejangki Iskandar, Batin Manggayahan Hanidi dan beberapa pengurus lembaga adat Talang Mamak lainnya. Acara berlangsung lancar meskipun terselip aspirasi yang diutarakan masyarakat adat dengan nada nada kritik mencubit sedikit. Masyarajat adat Talang Mamak melalui Batin Pejangki Iskandar meminta adat di tiga wilayah komunitasnya jangan hanya diformalitasi belaka. 

Aspirasi itu ditujukan pada pemerintahan baik daerah maupun pusat dwngan kandungan arti masyarakat adat harus kuat dan diprioritaskan oleh pemerintah. Salah satunya adalah pengakuan resmi dari pemerintah tentang 9 batin dan 1 Dubalang di Wialayahnya dengan ditandai penerbitan SK dari pemerintah,' kami meminta batin ini di akui oleh pemerintah Inhu dengan buktu SK dari Bupati " tegasnya didepan Camat juga Tri Joni selaku utusan Bupati dalam acara. 

Selain itu bentuk harapan juga disampaikan oleh ketua harian AMAN Gilung yakin terkait keseeriusan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat adat Talang Mamak. Dalam sambutannya Gilung mengucapkan ke depannya pemerintah hendaknya membimbing masyarakat Talang Mamak dengan tulus. 

Pemerintah juga harus memberdayakan SDM masyarakat Talang Mamak agar taraf hidupnya semakin maju. Hal itu diutarakan olehnya lantaran menurut Gilung ternyata karya masyarakat Talang Mamak juga banyak, seperti halnya karya seni, kerajinan dan semangat tinggi untuk bermasyarakat. 

" kita bisa melihat mereka mempersembahkan tari tarian di depan kita ini menandakan mereka juga punya kreasi dan keinginan untuk maju. Lihatlah para kaum wanitanya ternyata mereka mampu memainkan musik traadisionil kita " papar Gilung. 

Ungkapan Gilung itu juga disampaikan di depan Muspida dan Upika yang hadir setelah rampung ibu ibu adat menari dan memainkan alat musik tradisionil sebagai jamuan acara tersebut. 

Sambutan juga disampaikan oleh utusan Bupati Inhu melakui pihak Kabag Hukum pemerintahannya Tri Joni. Tri mengapresiasi bentuk semangat masyarakat dan berjanji akan memnyampaiaknnya kepada pihak pimpinan juga Bupati agar kiranya harapan masyarakat adat Talang Mamak lekas diproses dan terkabul mutlak. 

Kembali pada ungkapan Batin Pejangki Iskandar yang nampaknya lebih banyak bicara diantara teman lainnya. Kata Iskandar tak hanya harapan SK dari Bupati namun hak hak masyarakat adat Talang Mamak yang masih sulit diperjuangkan kiranya juga ikut diseret pemerintah sebagai agenda kerjanya. Hak hak tersebut diantaranya adalah hak tanah adat, hak lembaga adat, hak kesetaraan masyarakat menerima perhatian. (by).

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index