Bakal Calon Penghulu pada Pilpeng Serentak Tahap 1 Ikuti Pembekalan Adat dari LAMR Rohil

Bakal Calon Penghulu pada Pilpeng Serentak Tahap 1 Ikuti Pembekalan Adat dari LAMR Rohil
LAMR Rohil mengadakan kegiatan pembekalan adat bagi bakal calon Datuk/Datin penghulu yang akan mengikuti Pilpeng serentak tahap 1 gelombang pertama, Senin (12/6/2023) di Kantor LAMR Rohil, Bagansiapiapi. (Istimewa)

BAGANSIAPIAPI - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengadakan kegiatan pembekalan adat bagi bakal calon Datuk/Datin penghulu yang akan mengikuti pemilihan penghulu (Pilpeng) serentak tahap 1 gelombang pertama, Senin (12/6/2023) di Kantor LAMR Rohil, Bagansiapiapi.

Kegiatan ini di taja LAMR Rohil agar para bakal calon Datuk/Datin penghulu yang mengikuti Pilpeng serentak mendapatkan Warkah Melayu dari LAMR sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2022.

Workshop atau pelatihan calon Datuk/Datin penghulu untuk gelombang pertama tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP.

Disini, Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada LAMR Rohil dan seluruh anggota DPRD yang terlibat di Pansus 3 tentang Warkah LAM tersebut.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada bakal calon Datuk/Datin penghulu se-Rohil. "Mari sama-sama kita berdemokrasi mencari simpati masyarakat dengan tidak keluar dari aturan-aturan yang ada, baik itu peraturan daerah maupun peraturan Menteri Dalam Negeri tentang UU No 6 Tahun 2014," katanya.

Untuk persiapan, jelas bupati, alhamdulillah 100 persen oke, mulai dari kecamatan sampai ke panitia Pilpeng semuanya telah siap melaksanakan Pilpeng tahap 1 gelombang pertama ini sekitar 23 kepenghuluan. Kemarin ada 28 kepenghuluan yang ditetapkan, namun ada beberapa yang tidak sanggup melaksanakan karena ada beberapa kendala.

"Mari sama-sama kita jaga. Kami berharap suasana daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilpeng tersebut tetap kondusif dan aman. Kita berharap masyarakat memilih Datuk/Datin penghulu sesuai hati nurani," ucapnya.

Sementara Ketua MKA LAMR Rohil Nasrudin Hasan juga memberikan apresiasi kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong yang telah memberikan dukungan kepada LAMR Rohil agar setiap calon penghulu wajib mendapatkan Warkah dari LAMR Rohil.

Dijelaskannya, bahwa Warkah tersebut merupakan pengetahuan tentang adat istiadat Melayu, sehingga dengan mengikuti pembekalan ini diharapkan para calon penghulu akan semakin memahami tentang sejarah Melayu di Rohil serta mengetahui adat istiadat Melayu dalam kehidupan sehari-hari. (rif)

#Saya Riau

Index

Berita Lainnya

Index