Hadiri Acara Pengebumian Ketua Suku Akit Almarhum Wak Amoy Di Hutan Panjang

Hadiri Acara Pengebumian Ketua Suku Akit Almarhum Wak Amoy Di Hutan Panjang
Pengebumian Ketua Suku Akit Almarhum Wak Amoy Di Hutan Panjang

BENGKALIS - Kepergian Bapak Amirudin ataupun nama tenarnya Wak Amoy menghadap Sang Kuasa menimbulkan kesan yang mendalam buat keluarga dan masyarakat Rupat tidak hanya Masyarakat Suku Melayu Akit tetapi oleh seluruh masyarakat Rupat khususnya dari berbilang Kaum.Ini nampak jelas terlihat dalam hari terakhir Prosesi Pemakaman Beliau.Ribuan warga dari berbagai daerah nampak hadir di kediaman nya untuk memberikan penghormatan terakhir,
di samping menguatkan rasa berduka bagi keluarga dengan kata kata Penghiburan atau turut Berduka cita. 

Bapak Amirudin semasa hidupnya adalah tokoh Masyrakat Suku Akit di Desanya dan beliau cukup disegani oleh masyarakat dari suku lainnya yang ada di Pulau Rupat.
Karena Kepiawan Beliau dalam menjalinkan Hubungan Sesama Etnis yang ada di Pulau Rupat.Selain itu dia juga merupakan Anak dari Mendiang Batin Gelimbing  mantan Kades Desa tersebut dan Keluarga beliau jugalah sebagai Sesepuh Desa Hutan Panjang.
Dengan Kepiawan  Wak Amoy beliau Diangkat Menjadi Batin Suku Akit Desa Tersebut Selama Masa Jabatannya 27 Tahun. 

Adapun Wak Amoy meninggal pada hari Rabu,(1 maret 2023) sekira jam10,45 wib dan Jasad Beliau Di Kremasi Dirumahnya secara agama Budha sebelum di makamkan pada hari
Jumat (3 maret 2023) sekira jam 14,00 wib.Walaupun dalam cuaca yang turut berduka dengan Hujan rintik rintik tidak menyurutkan kehadiran ribuan pelayat  dari berbagai kaum ,tokoh Agama,tokoh Adat dan beberapa Kepala Desa  untuk memgantarkan Jenazah beliau ke tempat peristirahatan yang terakhirnya. 

Dalam acara pelepasan jenazah bertempat di rumah duka, Bapak kepala Desa Hutan Panjang Pak Amran yang juga didampingi Kades Hutan Ayu Bapak Petrus SH,serta Kades Desa Dungun Baru Bapak Acheng SPD memgatakan ," Kami dari Pemdes Hutan Panjang memgucapkan Duka yang mendalam,Banyak Jasa yang telah di tabur demi kemajuan Suku Akit  baik di desa ini dan juga di Pulau Rupat khususnya.
Selain itu dalam perihal kemajuan Desa beliau juga merupakan sosok yang peduli pembangunan, kita telah sepakat semua untuk anak Lelaki beliau bapak Askar Dianto sebagai  penerusnya untuk menggantikan beliau menjadi Batin Suku Akit seterusnya." 

Kades desa Hutan Ayu   bapak Petrus SH juga dalam kata sambutannya  mengatakan duka cita yang memdalam, Beliau juga berharap dengan kepergian Mendiang ini, Generasi baru sebagai tokoh Adat Akit juga  harus ada pergantian,Jangan dengan kepergian Almarhum menjadikan adat istiadat kita mati,Justru kita generasi ini akan lebih giat lagi meneruskan semangat nya.
Agar adat istiadat itu tetap terjaga tidak hanya buat kita tapi bagi generasi kita yang akan datang,dan kita jaga lebih baik dan sempurna lagi sebagai bukti bakti kita kepada para pendahulu kita yang telah mewariskan kepada kita demi untuk anak cucu kita. 

Mewakili pihak keluarga Bapak Agong yang juga adik dari mendiang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak Pemdes,serta para tetamu undangan yang hadir,Juga ucapan maaf dari pihak keluarga jika ada kesalahan mendiang semasa hidupnya. 
"Dalam keadaan  Duka yang mendalam kami dari pihak keluarga memgucapkan rasa terimakasih yang sebesar besarnya atas kehadiran sahabat dan handai taulan semua,Kami tidak bisa membalasnya hanya Tuhanlah yan membalas dari kebaikan semua saudara sauadara," pungkas beliau. 

Menjelang penghantaran Jenazah Beliau Langit masih berduka,Seolah olah merasa kehilangan dengan kepergiannya.
Tetapi tidak menyurutkan langkah ribuan kerabat dan para  pelayat untuk mengantarkan belaiu ke peristirahatan terakhir nya.
Menjelang penghataran Jenazah mendiang, para Tokoh masyarakat masih memberikan penghormatan terakhir.
Para penari adat dan pencak silat  juga memberikan penghormatan kepada Kesatria ini dengan penuh rasa haru. 

Selamat Jalan Wak Amoy,tokoh yang familiar dengan senyum dan gurau canda semasa hidupnya,Sosok yang telah pergi buat selama lamanya ini telahpun meninggalkan seorang istri, Ibu Rohana,6 orang Anak, 1 laki laki dan 5 perempuan,Cucu  21 orang dan cicit 6 orang.
 

#Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index