Bupati Rezita Berikan Penghargaan Kepada 10 Kades dan 15 Pengelola Bumdesma, Ini Sebabnya

Bupati Rezita Berikan Penghargaan Kepada 10 Kades dan 15 Pengelola Bumdesma, Ini Sebabnya

INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE menyerahkan piagam penghargaan kepada 10 kepala desa di Inhu.

Penghargaan ini adalah wujud apresiasi Bupati  dan Pemkab Inhu atas upaya para kepala desa ini memajukan wilayahnya sebagai desa mandiri.

Sebelumnya, Bupati sendiri telah menerima penghargaan dari Mendes PDTT atas penilaian terhadap Pemkab Inhu yang telah berhasil dan sukses melakukan transformasi Unit Pengelola Kegiatan Eks Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan mencapai 100 persen melakukan pembentukan BUMDES Bersama.

Selain penghargaan bagi kepala desa, Bupati Rezita juga menyerahkan penghargaan kepada 15 pengelola BUMDESMA atas upaya mereka mewujudkan 100? eks UPK PNPM di Kabupaten Inhu.

Penyerahan tersebut berlangsung pada acara rapat koordinasi camat dan kepala desa 2023 yang digelar di Auditorium Yopi Arianto, lantai 4 Kantor Bupati, Selasa (14/2/2023).

"Hanya 24 Kabupaten yang mendapat penghargaan. Prestasi ini tentunya bukan saja hasil kerja keras kami Pemkab Inhu. Akan tetapi ini juga atas dukungan bapak ibu kepala desa dan pengurus Bumdes," ujar Bupati Rezita terkait prestasi Mendes PDTT.

Diungkapkan bupati bahwa tahun ini besaran Dana Desa meningkat dari 147 milyar menjadi 150 milyar. Sementara Alokasi Dana Desa dari Pemda Inhu juga meningkat dari 91,1 milyar menjadi 93 milyar.

Terkait kenaikan itu, Rezita berharap dapat menjadi pemicu bagi semua pihak dalam meningkatkan kualitas hidup, pembangunan dan ekonomi di desa yang ditandai dengan semakin membaiknya status desa.

"Jika tahun 2022 kita memiliki 5 desa mandiri dan tahun 2023 meningkat menjadi 10 desa mandiri, maka tahun 2024 saya menchalenge 77 desa maju yang ada bisa menjadi desa mandiri," ucap Bupati kepada para kades.

Tak lupa, kepada para camat yang hadir Rezita juga mengharapkan dapat melaksanakan pembimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi atas pelaksanaan adminitrasi desa serta mengevaluasi pemerintahan desa dan melaporkan hasil pengawasan kepada bupati.

Pada momentum rakor itu, secara simbolis Bupati Rezita turut menyerahkan klaim manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dari Kepala Dusun V pada pemerintah Desa Buluh Rampai, Seberida. 
Serta menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku usaha UMKM dari Baznas Inhu.

Rakor yang diikuti seluruh kepala desa se Inhu itu, turut dipaparkan materi oleh beberapa narasumber diantaranya Inspektur Inspektorat Inhu Boyke Sitinjak dan Kepala KPPN Rengat Dody Prihardi.

Rezita Terima Penghargaan dari KPPN Rengat

Selain menyerahkan penghargaan atas capaian prestasi Desa Mandiri dan Bumdes kepada para kepala desa dan pengelola. Pada rakor camat dan kades Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi turut menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) rayon Rengat.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Rayon Rengat, Dody Prihardi.

Penghargaan yang diterima Rezita terkait prestasi penyaluran pemerintah daerah terbaik atas kinerja pengelolaan dana alokasi khusus pada lingkup KPPN Rengat tahun 2022.

Capaian itupun sangat diapresiasi oleh Kepala KPPN Rengat Dody Prihardi. Bahkan ia berujar, capaian ini bisa saja menjadi yang tertinggi dari seluruh kabupaten yang ada di Riau.

Diketahui, pada tahun 2022 capaian penyaluran DAK Fisik oleh Pemda menyentuh angka 94,74 persen. Sedangkan untuk penyaluran dana desa yang disalurkan mencapai 99,49 persen. ***
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index