Komisi D Minta Pembaharuan Kepala Sekolah dan Pj Penghulu

Komisi D Minta Pembaharuan Kepala Sekolah dan Pj Penghulu
Ketua Komisi D DPRD Rohil, Elfarinda S.Pd (dua kiri) bersama anggota Komisi D usai selesai melakukan hearing bersama OPD, Selasa (10/1/2023) di ruang Komisi D. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Komisi D DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengadakan hearing dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rohil, Selasa (10/1/2023) di ruang Komisi D, Bagansiapiapi.

Ada beberapa hal yang dibicarakan Komisi D dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rohil, terutama tentang guru yang bersertifikasi sekarang ini banyak diangkat menjadi penjabat (Pj) kepala desa, bagaimana nanti kejelasan sertifikasi guru itu.

Kedua dijelaskan Ketua Komisi D Elfarinda S.Pd, adanya kepala sekolah yang tidak sertifikasi dan tidak sarjana (S1) menjadi kepala sekolah. Nanti seperti apa mekanisme kepengurusan dari guru-guru bersertifikasi yang ada di sekolah itu.

"Selanjutnya kami juga melaksanakan insyaallah bersama-sama ke kementerian, bersinergi untuk mempertanyakan beberapa hal masalah pendidikan dan juga akan jemput bola untuk anggaran-anggaran pusat itu supaya bisa kita bawa ke daerah kita ini," sebut Elfarinda.

Komisi D juga meminta harapan kepada Dinas Pendidikan untuk mendata lagi guru-guru yang belum dan sudah bersertifikasi, Pj serta kepala sekolah yang belum memenuhi persyaratan untuk diadakan pembaharuan di tahun 2023 demi mutu pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir.

"Masalah program kerja Dinas Pendidikan juga tetap kami bahas tadi. Insyaallah mana yang harus diperbaiki akan diperbaiki, dan mana yang bisa dilanjutkan akan dilanjutkan," ucapnya.

Kemudian untuk mejadi kepala sekolah minimal sudah senior dari guru-guru yang ada di sekolah itu, mulai dari kepangkatan, masa tugas, gelar semua sudah diatur dengan peraturan yang ada dari kementerian.

"Kasihan kita, mana-mana guru yang sudah bersertifikasi diangkat menjadi Pj penghulu. Kita ingin mereka mendapatkan haknya kembali," harap Elfarinda.

Dia menilai bangunan untuk sekolah-sekolah yang ada di Rohil sudah 80 persen mulai bagus. (rif)

Berita Lainnya

Index