Polemik Petani

Veron di Area Perkebunan Undang Selera Maling

Veron di Area Perkebunan Undang Selera Maling
Ram atau veron dan angkutan


Usaha jual beli Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit marak di mana mana. Menandakan begitu kayanya wilayah kabupaten Indragiri Hulu akan adanya hasil perkebunan yang satu ini. Namun, beberapa warga pemilik kebun juga mengeluh terkait maraknya veron atau timbangan tengkulak TBS yang berada di kawasan tak jauh dari petkebunannya. 

Seperti halnya di wilayah keamatan Batang Cenaku adanya. Beberapa verron beroprasi tepat berada di area perkebunan masyarakat (kavling). Keluhan warga tersebut menyayangkan jika keberadaan veron yang beroprasi tak jauh dari kebun sangat mengundang selera pencuri. Banyak petani kelapa sawit mengaku hasil produksi kebunnya tersambar tangan tangan nakal alias pencuri. Benerapa warga mengatakan sejak adanya beberapa veron berdiri tak jauh dari perkebunan, kemalingan TBS pun merajalela. 

" veron yang beroprasi tak jauh dari kebun ini saya duga kuat penyebab banyaknya maling sawit " ungkap Dirin (50) warga desa Bukit Lipai saat dikonfirmasi awak media ini, Jumat (14/1/2023) sekira pukul 11.00 WIB. 

Menurut Dirin, bukannya tak suka adanya trmpat usaha orang yang ada di area petkebunan, namun disini sesungguhnya bisa ada penertiban. Misal, desa desa yang bersangkutan bisa mewanti wanti masyarakatnya agar membuka timbangan dengan pengawasan penuh. Atau, kata Dirin lagi, kepala desa juga bisa mengarahkan pelaku usaha veron agar bisa membuka veron yang gampang diawasi massa, misal di perkampungan ramai penduduk. 

" tentunya diatur strategis dan keamanannnya, baik buat mempermudah pengawasan massa ataupun barang kali tidak mengganggu lalulintas " imbuhnya. 

Salah seorang pemilik veron, AM (60) saat bicara bersama Dirin mengaku jika usahanya itu murni dengan maksud kegiatan pribadi. Bahkan AM meminta jika ada penjual TBs yang layak dicurigai hendaknya warga langsung menelponnya dan ia pum siap untuk menolak barang untuk tidak membelinya. AM juga mengatakan jika usahaanya itu adalah hak sebagai manusia yang wajib berkarya. Hingga demikian AM tetap akan beroprasional di wilayah itu dengan catatan bakal mengawasi para penjual nakal. 

" ya kalau saya usaha terus harus berhenti ya nggak bisa, tapi saya akan berusaha mengawasinya dan meneliti siapa siapa penjual yang layak saya beli " tukasnya.(by)

Berita Lainnya

Index