Pemdes Sungai Cingam Adakan Festival Pantai  Dari Program Bermasa 

Pemdes Sungai Cingam Adakan Festival Pantai  Dari Program Bermasa 
Fhoto Bersama Kades Cinggam Bersama Kadispora

BENGKALIS - Berbagai kegiatan di Pantai Ketapang Beach Desa Sungai Cingam, melalui pengelolaan BUMdes Cingam Jaya untuk Pemberdayaan masyarakat Program Bermasa Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos,M.MP dan Bagus Santoso bidang olah raga seni Budaya Pemerintah Desa Sungai Cingam Kec. Rupat melaksanakan Festival Jong layar, Voly Pantai dan Gasing Sebagai Seni Budaya se-Riau, Tournament berlangsung selama ±5 hari, dibuka secara resmi oleh Kadis Parbudpora Kab. Bengkalis,”Edi Sakura,S.Pd,M.Pd,Senin (26/12/2022).pagu
 
Berbagai kegiatan pada hari permulaan itu,seperti tarian tarian bernuasa melayu serta hiburan lainnya diadakan pada pembukaan Festival Jong Layar, Voly Pantai dan Gasing yang sebelumnya diadakan pendaftaran melalui langsung dan juga brosur sebagai promosi.
 
Tampak hadir dari berbagai unsur, sebagaimana kata pembukaan oleh Kepala Desa Sungai Cingam “Jamil,S.Pd.I Bupati Bengkalis yang diwakili Bapak Kadis Parbudpora “Edi Sakura, S.Pd,M.Pd” , Lembaga Adat Melayu Sei. Cingam dan Anggota, Camat Rupat yang diwakili Sekcam M.Zaki Nasrul Haq, S.STP, Camat Rupat Utara, Afrizal  Kapolsek Rupat  Iptu Siswoyo dan Anggota, Dan Ramil O4 Rupat Kapten Inf Tamram dan Anggota, para Rekan Kades yang hadir, ibu TP PKK Sei. Cingam dan anggota, Ketua BPD dan Anggota, Kadus, RT/RW, dan seluruh Lembaga yang hadir ibu pendamping Desa  ratusan penonton dan peserta yang ikut perlombaan
 
M. Jamil  SPdi  dlam kata sambutan
Terkait kegiatan yang kami buat saat ini kami laksanakan dari anggaran Dana Bermasa. Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bupati Bengkalis ” Ibu Kasmarni”atas diluncurkannya Dana anggaran satu Desa 1miliar, satu  saya selaku Pemdes Sungai Cingam, seluruh masyarakat Desa kami terbantu adanya program ini kami bisa melaksanakan berbagai kegiatan, baik fisik maupun pemberdayaan masyarakat. Beri aplus kepada  Bupati Bengkalis, ucap Kades Jamil, S.Pd.I.
 
Lanjut dengan keadaan Pantai Ketapang, kami disini selalu bersinergi pada program Bupati ini bagaimana di Pulau Rupat ini biar terkenal, jadi hari ini “PERMULA”, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi.  Yang kami harap untuk tahun depan  langsung yang akan meresmikan di sini, harapnya Kades M.Jamil.Spd 

Kata sambutan Camat Rupat diwakili M.Zaki Nasrul Haq, S.STP, 
kami mohon dana bermasa di Canangkan  Bupati Kasmarni Kab. Bengkalis,  1M satu Desa, Satu Kelurahan, dan satu Kecamatan, kami dari Kecamatan, dari pihak Desa sungai Cingam khususnya sudah ke lapangan kolaborasi, insya Allah tahun depan bisa kita anggarkan untuk Festival, untuk lebih meriah lagi, kita dari Pemerintah berusaha memperluas lapangan Ketapang Beach ini, adakah lapangannya  “Tutur  M. Zaki”
 
Selanjutnya sambutan Kadisparbudpora “Edi Sakura, S.Pd. M.Pd, Apresiasi kami berikan kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sungai Cingam maupun pihak pihak terlibat dalam pelaksanaan Ketapang Beach Festival tahun 2022 ini. Semoga Festival ini dapat kita jadikan sebagai media untuk mempromosikan Potensi Destinasi Wisata yang ada di Desa Sungai Cingam ini.
 
Kami tentunya berharap, kata Edi Sakura, dengan potensi Wisata disini, Desa Sungai Cingam kelak bisa memproklamirkan dirinya menjadi Desa Wisata di Kabupaten Bengkalis bahkan Mendunia. Namun perlu diingat, pengembangan Desa Wisata tidak bisa dilakukan secara instan, hanya dengan membuat sebuah Objek Wisata atau menyelenggarakan Event Wisata di Desa.
 
Lebih dari pada itu, lanjut Kadisparbudpora, konsep pengembangan Desa Wisata itu harus bisa memenuhi sejumlah unsur penting yang tidak lepas dari peran Komunitas atau masyarakat sebagai pelaku utamanya, sama juga hal ini harus menyiapkan dirinya sebagai Tuan Rumah yang baik bagi para Wisatawan ketika berkunjung di Objek Wisata yang ada di Desa ini, selain harus memberdayakan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan Aset dan Potensi yang dimiliki.
Saat ini Pariwisata adalah salah satu industri yang bisa kita andalkan guna menopang pergerakan ekonomi Desa dan Daerah.

#Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index