Gandeng Kejati Riau, GP Ansor Cabang Kuantan Singingi Gelar Sosialisasi Penguatan Empat Pilar Kebang

Gandeng Kejati Riau, GP Ansor Cabang Kuantan Singingi Gelar Sosialisasi Penguatan Empat Pilar Kebang
Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kuantan Singingi menggandeng Kejaksaan Tinggi Riau

KUANSING - Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Dan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kuantan Singingi menggandeng Kejaksaan Tinggi Riau dalam sosialisasi empat pilar bangsa Indonesia. Yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila dan UUD 1945. 

Selain sosialisasi Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM juga sekaligus melantik Pengurus Anak Cabang Pemuda Ansor Kuansing , di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kuantan Tengah (19/12/2022) . 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala OPD dan Wakil Ketua 1  DPRD Kuansing, Zulhendri dan Anggota DPRD Kuansing Solehudin, Kapolres AKBP Rendra Oktha Dinata, Dandim 0302 Inhu - Kuansing dan Forkopimda, serta seluruh pimpinan organisasi Ansor.  

Plt Bupati Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM menegaskan agar GP Ansor tidak ragu menurunkan baktinya untuk negeri.
Jadilah garda terdepan, membela kebenaran dan jangan mudah di benturkan dengan organisasi masyarakat lainnya , tegas Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby. 

Suhardiman juga berharap dengan kehadiran Ansor di Kabupaten Kuansing hendaknya mampu menjadi garda terdepan sehingga mampu menapis kekacauan terutama sekali radikal yang ada di Kuantan Singingi, Ungkapnya 

Plt Bupati juga menambahkan, sesuai dengan tema kegiatan hari ini dalam penguatan empat pilar dan peran pemuda Ansor dalam pembangunan Kuantan Singingi bersama-sama bergandengan tangan mampu menjaga NKRI ini. 

Kemudian Ketua PW GP Ansor Riau Gus Purwaji., S.Sos menyampaikan terima kasih atas dukungan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terutama Plt Bupati Suhardiman Amby saat ini banyak mendapatkan apresiasi dari apa yang telah dilakukan selama ini.  

Kemudian Purwaji juga apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan GP Ansor Kuansing sehingga menjadi inspirasi untuk menciptakan kerjasama yang baik antara GP Ansor dan Kejaksaan. 

Menurut Purwaji, komitmen Ansor terhadap empat pilar kebangsaan tersebut sudah final. Ansor selalu akan mengawal dan menjaga empat pilar tersebut dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. 

"Komitmen terhadap empat pilar tersebut juga dibuktikan dengan adanya resolusi Ansor yang turut berjuang mempertahankan bangsa Indonesia dari serangan musuh dalam perang perjuangan kemerdekaan," kata Gus Purwaji 

Selain itu, kata Purwaji, komitmen Ansor dalam mengembangkan paham Islam Ahlussunnah Waljamaah dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Paham Ahlussunnah waljamaah sangat erat hubungannya dengan ruang lingkup lingkungan kita di Kabupaten Kuansing. 

"Di Kuantan Singingi khususnya, pemuka adat, ninik mamak dan alim ulama sangat banyak. Tiga komponen inilah menjadi benteng dalam memperkuat paham Ahlussunnah Waljamaah," Tuturnya. 

Gus Purwaji menambahkan belakangan ini makin banyak paham yang bertentangan dengan Ahlussunnah Waljamaah dan yang merongrong keutuhan NKRI. 

"Sehingga sosialisasi empat kebangsaan ini bersama Kasi Intel Kejaksaan Tinggi  dirasakan semakin penting di tingkatkan kepada generasi muda bangsa. Sehingga mereka tidak salah jalan, yang bisa menyebabkan hancurnya masa depannya," Sambungnya. 

Kemudian As intel kajati riau, di wakili jaksa Danu dari kejaksaan teluk Kuantan mengakui, masih banyak isu-isu dan gerakan yang mengancam serta merusak empat pilar kebangsaan tersebut. 

"Sebagai salah satu elemen penegak hukum yang diberi tugas mensosialisasikan empat pilar ke tengah masyarakat. Sehingga isu dan gerakan yang terus mengancam pilar-pilar kebangsaan bisa diantisipasi,"Tutupnya.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index