Kuansing Raih Penghargaan UHC Suhardiman Masyarakat Akan Lebih Mudah Berobat

Kuansing Raih Penghargaan UHC Suhardiman Masyarakat Akan Lebih Mudah Berobat
Kuansing Raih Penghargaan UHC

KUANSING - Plt Bupati Kuansing, Drs H Suhardiman Amby menegaskan, jika raihan Penghargaan UHC atau Universal Health Converage ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

Untuk itu terimakasih kepada team yang sudah bertungkus lumus, dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Bapedda dan Dinas Capil Kuansing, sehingga akhirnya Kuansing meraih UHC, tegas Suhardiman usai menerima Penghargaan dari BPJS Kesehatan yang di sampaikan Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Riau, H Masrul Kasmi bersama Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun Selasa (13/12/2022 ) di Ballrom Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. 

Sementara H. Masrul Kasmi dalam sambutan singkat nya, mengapresiasi upaya Pemkab Kuansing dan Kota  Dumai yang sudah meraih UHC tahun 2022 ini. 

Dengan penghargaan ini, cukup dengan membawa KTP, masyarakat sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan , cetus nya. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zaenal Arifin, SKM.M.Kes dijelaskan, Universal Health Coverage (UHC) merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan minimal 95% dari jumlah penduduk. Sejauh ini sudah ada 5 kabupaten / kota orang Riau, yang berhasil memenuhi target UHC, terangnya. Diharapkan tahun 2023 mendatangi, seluruh kabupaten / kota di Riau, bisa memenuhi standar ini, jelas nya. 

Terhitung 1 Desember 2022 tercatat dari 341.708 jiwa penduduk Kuansing sudah terdaftar 326.811 jiwa sebagai peserta BPJS, artinya 95,6 % dari jumlah penduduk Kuansing. Dan Kuansing sudah mencapai target UHC, jelas Endriansyah, S. Sos Kadis Sosial Kuansing. 

Pencapaian UHC ini bukanlah hal yang mudah, kata Erdiansyah, perlu keseriusan dan komitmen dari pemerintah terutama OPD terkait. Baik dari segi anggaran pendukung maupun update data..ucapnya. 

Kuota PBI APBN sangat dilirik oleh Kabupaten Kuantan Singingi, sehingga sangat komit dalam update DTKS, tegangnya. 

Untuk pencapaian UHC di Kabupaten Kuantan Singingi tentu bukan dg mudahnya, tim yang solid dan komitmen yg besar untuk pelayanan kesehatan di kabupaten kuantan singingi membuat capaian UHC ini bisa terlaksana. 

Pencapaian UHC akan mempermudah dalam pelayanan kesehatan, sehingga peningkatan pelayanan disertakan dengan dukungan sarana dan prasarana tentunya, tutup Etdiansyah. 

Turut hadir mendampingi Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby, Kepala Bapedda Kuansing Ir H Syamsir Alam, Kepala Bapenda, Jafrinaldi AP, Kadis Sosial Etdiansyah, S. SOS. Msi, Kadis Capil H.M Refendi Zukman dan Kadiskes, Aswandi, SKM. M. Kes .

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index