Fokus Bantu Anies Baswedan, Sudirman Said Mundur dari Komut TransJ dan Sekjen PMI

Fokus Bantu Anies Baswedan, Sudirman Said Mundur dari Komut TransJ dan Sekjen PMI
Sudirman Said (Foto: dok. Istimewa)

JAKARTA - Sudirman Said mengundurkan diri dari Komisaris Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). Pengunduran diri ini diajukan sejak 10 November 2022.

"Surat permohonan pengunduran diri dari PT Trans Jakarta diajukan tanggal 10 November 2022," ujar Sudirman Said saat dihubungi detikcom, Jumat (11/11/2022).

Ia juga mengaku telah menemui Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi terkait permohonan pengunduran diri tersebut.

"Saya sudah menemui Pak Pj Gubernur menyampaikan permohonan pengunduran diri dari Komisaris Utama PT Trans Jakarta," kata Sudirman Said.

Pada tanggal yang sama, Sudirman Said juga mengajukan permohonan non aktif dari jabatan Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI). Permohonan non aktif ini disampaikan melalui rapat pleno pengurus PMI.

"Pengajuan non aktif dari PMI disampaikan melalui Rapat Pleno Pengurus, hari Kamis 10 November 2022," tuturnya.

Ia mengatakan hal ini dilakukan untuk menjaga prinsip netralitas. Menurutnya, seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemilu diwajibkan non aktif dari PMI.

"Di PMI ada prinsip netralitas yang harus dijaga. Siapapun yang terlibat dalam proses Pemilu baik menjadi Calon Kontestan maupun menjadi bagian dari tim, diwajibkan non aktif dari PMI. Meskipun kewajiban itu jatuh pada saat sudah ada penetapan oleh KPU, saya sudah menyampaikan permohonan non aktif," ujar Sudirman Said.

Selain itu, Sudirman Said mengaku pengunduran diri ini dilakukan lantaran dirinya akan membantu Anies Baswedan dalam Pemilu 2024. Sehingga nantinya Ia akan lebih fokus dan leluasa dalam menjalankan proses politik.

"Dalam waktu waktu mendatang kemungkinan saya akan lebih banyak membantu Pak Anies Baswedan dalam persiapan Pemilu 2024," kata Sudirman Said.

"Keduanya saya lakukan dengan pertimbangan etis, menjaga good governance, menghindari potensi benturan kepentingan. Dengan demikian aktivitas membantu Pak Anies dalam proses-proses politik ke depan dapat dijalankan dengan leluasa," imbuhnya.***

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index