Bupati Buka Pelatihan Dewan Hakim MTQ se-Rohil

Bupati Buka Pelatihan Dewan Hakim MTQ se-Rohil
Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP berfoto bersama peserta dari Kecamatan Bangko, Selasa (1/11/2022). (Abdul Arif Rusni, Riaukarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, SIP resmi membuka pelatihan dewan hakim se-Rohil untuk menghadapi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Selasa (1/11/2022) di Hotel Kesuma, Bagansiapiapi. 

Dalam pelatihan itu menghadirkan dua narasumber dari Pekanbaru, dan diikuti 50 peserta dari seluruh kecamatan. 

Turut hadir Asisten lll H Ali Asfar, staf ahli, para kabag, Ketua LDI Rohil, Ketua DMI, MUI, LPTQ, perwakilan Kemenag H Suhaimi serta berbagai unsur lainnya. 

Bupati menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi atas terlaksana pelatihan dewan hakim se-Rohil tahun 2022. 

"Semoga momentum ini akan memberikan semangat dan motivasi kepada para majelis hakim untuk membumikan Al-Qur'an, memilih qori dan qoriah terbaik untuk menjadi utusan pada tingkat yang lebih tinggi lagi," katanya. 

Pelatihan yang dilaksanakan, sebut bupati, merupakan salah satu faktor yang sangat strategis menentukan sukses penyelenggaraan MTQ, serta keberhasilan yang membangun citra seluruh pelaksana MTQ di tingkat Kabupaten Rohil. 

"Pelatihan ini bukan menyangkut persoalan penilaian juara semata, tetapi pelaksanaan tugas majelis hakim selama MTQ berlangsung harus profesional dan independen agar selaras dengan kesamaan visi, integritas, objektivitas dan pemahaman tentang norma-norma penilaian dalam MTQ, sehingga nantinya mampu menjadi tolak ukur bersama," terangnya. 

Bupati juga menyebutkan, pelatihan yang dilaksanakan berguna untuk mempersiapkan penyelenggaraan MTQ mendatang dengan harapan dapat mengharumkan, mempertahankan dan meningkatkan prestasi qori dan qoriah Negeri Seribu Kubah.

"Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini bermanfaat untuk orang-orang kita juga terlatih," ucap bupati. 

Bupati berharap kepada dewan hakim untuk dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga dalam melaksanakan tugas, kiranya benar-benar melakukan penilaian dengan profesional, objektif dan tidak ada tendensi yang akan mengakibatkan munculnya tanggapan, opini publik serta friksi yang negatif terhadap sistem penilaian yang dilakukan oleh majelis hakim. 

"Sehingga diharapkan melalui MTQ akan lahir para qori-qoriah, hafiz-hafizah, mufasir-mufasiroh, khot-khotoh yang benar-benar unggul dan berasal dari putra-putri terbaik Rohil yang selanjutnya akan diikutsertakan pada MTQ Tingkat Provinsi Riau," pungkasnya. 

Rohil ungkap bupati, bersedia menggelar MTQ tingkat Provinsi Riau apabila kabupaten lain menolak. Untuk pelaksanaan MTQ akan dimulai pada tahun depan untuk tingkat provinsi, kabupaten bahkan nasional. 

Pembukaan pelatihan dewan hakim tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong. (rif) 

Berita Lainnya

Index