Terima LPJ APBD 2021, DPRD Rohil Rekomendasikan Peningkatan PAD

Terima LPJ APBD 2021, DPRD Rohil Rekomendasikan Peningkatan PAD
Rapat paripurna DPRD Rohil dalam rangka penyampaian laporan pembahasan Ranperda LPJ pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021.
ROHIL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menerima Laporan Pertanggungjawaban ( LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

Hal itu diterima dalam rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan pembahasan Ranperda LPJ pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021 oleh Badan Anggaran (Banggar) sekaligus pengambilan keputusan, Kamis (22/9/2022).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Rohil Maston didampingi Wakil Ketua l Abdullah dan Wakil Ketua ll Basiran Nur Efendi, dihadiri Sekretaris DPRD Rohil H Sarman Syahroni ST serta para anggota DPRD Rohil.

Sementara dari pemerintah daerah dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan perwakilan OPD.

Dalam pidatonya, Ketua DPRD Rohil Maston menyampaikan, bahwa sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019, kepala daerah menyampaikan Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Pengambilan keputusan atas Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021 yaitu penyampaian laporan pembahasan yang disampaikan oleh Badan Anggaran.

Sementara Banggar DPRD Rohil, Imam Suroso SE dalam laporannya mengatakan, berdasarkan uraian pembahasan rancangan peraturan daerah tentang LPJ pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021.

Terkait realisasi laporan perubahan saldo anggaran neraca laporan operasional perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan, maka Tim Banggar DPRD Kabupaten Rokan Hilir atas Laporan Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021, merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir agar dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) diperlukan adanya optimalisasi terhadap pendapatan dan pengelolaan pendapatan daerah yang potensial masih terdapat sumber pendapatan dari pajak daerah.

"Seperti pajak perhotelan dan pajak bumi, serta retribusi daerah yang masih berada dibawah target dan ilustrasi. Oleh karena itu, beberapa langkah upaya yang dapat dilakukan kebijakan atas intensif dan ekstensifikasi sumber-sumber PAD dilakukan melalui optimalisasi penghasilan pajak daerah, dan retribusi pajak daerah termasuk tentang daerah yang menjadi potensi unggul di Kabupaten Rokan Hilir," sebutnya.

Selain apa yang dikemukakan diatas, Banggar DPRD mengapresiasi hasil audit BPK Perwakilan Riau, dimana Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Ini suatu hasil yang sangat dinanti oleh setiap instansi vertikal maupun daerah-daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi.

"Menyikapi LPJ APBD Tahun 2021 telah disampaikan kepada fraksi-fraksi guna diminta pendapat serta saksi. Anggota DPRD Rokan Hilir yang juga tergabung dalam Badan Anggaran yang mana sepakat menerima Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021," ucap Imam Suroso.

Dalam Kesempatan itu, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH menyampaikan pendapat serta kesepakatan melalui rekomendasi terhadap Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 melalui rapat dewan yang terhormat ini, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas saran dan pendapat serta kesepakatan melalui rekomendasi terhadap Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

"Harapan kami, dengan telah dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah tentang LPJ pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 tanpa mengurangi esensi yang terdapat dalam laporan tersebut, sehingga laporan yang akuntabel dan transparan dapat dipertanggungjawabkan dan diterima oleh seluruh masyarakat kabupaten yang diwakili anggota dewan yang terhormat, akhirnya dengan ikhtiar yang maksimal seraya bermunajat kepadanya, kita berharap semoga Allah Subhanahuwataala Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan ridho dan rahmatnya kepada kita semua, Amin Ya Rabbal Al-Amin," ungkap Sulaiman.

Berita Lainnya

Index