Dampingi Kepala Staf Angkatan Darat TNI RI Launching Program Ketahanan

Dampingi Kepala Staf Angkatan Darat TNI RI Launching Program Ketahanan
Bupati Bengkalis Kasmarni, mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat TNI Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni, mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat TNI Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis.

Kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut, untuk melaunching Program Ketahanan Pangan di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Rabu (14/9/2022).

Program tersebut merupakan bentuk kerjasama antara TNI Angkatan Darat bersama PT. Pertamina Hulu Rokan, dan Poktan Suku Sakai di Wilayah Kodam I Bukit Barisan.

Program ketahanan pangan ini, merupakan instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia dalam mengatasi krisis pangan dan ekonomi setelah pandemi Covid-19, yang melanda dunia.

Dikatakan Direktur Utama PT. Pertamina Hulu Rokan Jafee Arizon Suardin, perusahaan Migas yang beroperasi di Provinsi Riau sepenuhnya mendukung program ketahanan pangan ini.

Menurutnya, kolaborasi antara TNI Angkatan Darat dan Perusahaan beserta mitra yang ada, akan mampu meningkatkan ketahanan pangan.

"Insya Allah kita dari pihak PT. Pertamina Hulu Rokan siap bersinergi dalam meningkatkan kebutuhan pangan. Saat ini ada 10 hektar yang kita lakukan penanaman, mudah-mudahan kedepan bisa hingga 100 hektar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat TNI Republik Indonesia menyampaikan,

"Apalagi di musim pandemi Covid-19 ini, masyarakat banyak yang di PHK, tidak bekerja, ekonomi sulit bahkan pangan juga hampir krisis. Maka dari itu, kita semua berkolaborasi bersama dalam mencari jalan keluarnya. Alhamdulillah bersama mitra yang ada kita bisa mewujudkannya, salah satunya dengan launching program ketahanan pangan ini," ujarnya.

Kepada seluruh angkatan darat di wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Dudung Abdurachman berpesan untuk selalu hadir dan menjadi solusi dalam mengatasi krisis seperti ini.

"TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyat, dan ketika sudah dicintai, kalian harus lebih mencintai rakyat. Harus selalu hadir, menjadi solusi serta membantu masyarakat dalam mencari jalan keluar pada setiap permasalahan," tuturnya.

Kemudian, Kasmarni usai menghadiri kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada PT. Pertamina Hulu Rokan dan TNI yang telah melaksanakan program ketahanan pangan di Kabupaten Bengkalis.

Menurutnya, pada wilayah Desa Kesumbo Ampai memiliki banyak masyarakat asli suku sakai yang bisa menjaga, merawat pangan yang ditanam pada perkarangan wilayah mereka tinggal.

"Jadi saya percaya, Insya Allah masyarakat kita bisa amanah dan tentunya membantu pihak perusahaan dan TNI dalam menggerakkan program ketahanan pangan ini," pungkas Kepala Daerah Bengkalis.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Camat Bathin Solapan Muhammad Rusydy, Camat Mandau Riki Rihardi, Plt Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, serta sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

#Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index