Pacu Jalur Dibuka Menparekraf, Suhardiman Amby Usulkan Kawasan Strategis Periwisata Nasional

Pacu Jalur  Dibuka Menparekraf, Suhardiman Amby Usulkan Kawasan Strategis Periwisata Nasional
Plt Bupati Kuansing saat Memukul Gong Pembukaan Pacu Jalur Di Pendopo lapangan Limono Taluk Kuantan

KUANSING  - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Suhardiman Amby mengajukan Kabupaten Kuansing sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) kepada Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno.

Aspirasi itu disampaikan secara langsung oleh Suhardiman Amby kepada Sandiaga Uno saat pembukaan festival pacu jalur 2022, Ahad (21/8/2022) siang di Lapangan Limuno Telukkuantan.

"Kepada Pak Menteri, kami bermohon agar Kuansing masuk sebagai KSPN. Sampai saat ini, Kuansing belum masuk ke dalam program strategis nasional, karena belum ada pintu masuk," ujar Suhardiman.

Satu-satunya yang dapat kami banggakan adalah pacu jalur yang terkoneksi dengan 43 air terjun, satu bukit piramid dan belasan danau yang indah," tambah Suhardiman.

Dikatakan Suhardiman, pacu jalur merupakan budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat sepanjang aliran Sungai Kuantan dan Indragiri. Pacu jalur sudah berusia ratusan tahun dan sampai saat ini masih tetap eksis.

"Dahulu, pacu jalur dilaksanakan dalam rangka memperingati hari besar Islam. Zaman penjajahan Belanda, pacu jalur dilaksanakan sebagai peringatan hari ulang tahun Ratu Helmina. Sejak Indonesia merdeka, pacu jalur dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI setiap Agustus," papar Suhardiman

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index