Tim Asesor BAN - S/M, Gelar Visitasi Akreditasi di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri

Tim Asesor BAN - S/M, Gelar Visitasi Akreditasi di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri
Kepala sekolah, Tim Assesor, dan seluruh majelis guru SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya

INHU-Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Riau, melaksanakan visitasi akreditasi sekolah di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu. Pelaksanaan Visitasi berlangsung selama 2 hari yaitu dimulai pada Juma't (05/8/2022) dan Sabtu (06/8/2022).

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh Asessor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Kegiatan visitasi sekolah dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah. Proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri. Asesor juga melakukan visitasi ke sekolah yang akan diakreditasi.

Tim Asesor BAN-S/M Provinsi Riau yang ditugaskan untuk melaksanakan visitasi akreditasi di Sekolah Menengah Pertama tersebut terdiri dari 2 (dua) orang yaitu,  Sri Wahyuni, S.P. M.Si dan Nur Hasanah, S. Pd. I, M. Pd. i. Adapun komponen yang ingin diperiksa meliputi 4 komponen antara lain, Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran,  Mutu Guru, Manajemen Sekolah. Empat komponen tersebut merupakan pengelompokkan 8 standar Nasional Pendidikan dalam akreditasi Sekolah.

Untuk keperluan responden penggalian data, maka seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan/Tata Usaha diminta untuk hadir. Begitupun dengan pihak Komite Sekolah, dan juga perwakilan orang tua/wali murid turut hadir berpartisipasi.

Proses visitasi yang dilaksanakan oleh 2 orang Asessor ini berlangsung dalam durasi 5 jam per hari. Adapun tahapannya antara lain :
1. Temu Awal
2. Visitasi, Penggalian data: telaah dokumen, observasi dan wawancara
3. Pre-teaching Guru Model
4. Temu akhir: Penandatangan SPPD, kartu kendali kepala Sekolah, sekaligus penutupan visitasi.

Pada acara temu awal pembukaan dihadiri oleh Korwil Lubuk Batu Jaya, Bapak Sumina, S. Pd, Bapak Endin Zaenudin Syam selaku komite SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya, seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya, serta perwakilan orang tua siswa SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya.

"Adapun maksud kedatangan kami disini yakni untuk Asesmen Kecukupan DIA melalui Sispena-S/M, Visitasi ke sekolah. Menggali data dan informasi yang sesuai dengan penilaian akreditasi. Memberikan nilai sesuai perangkat akreditasi. Menyusun laporan hasil visitasi. Menyusun rekomendasi dan menyampaikan laporan hasil dan rekomendasi dalam bentuk salinan cetak dan salinan digital kepada BAN-S/M Provinsi,” ungkap Nurhasanah diakhir arahannya.

 

Tim asessor didampingi Kepala Sekolah dan Tenaga pendidik, melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya. Serta melakukan penilaian micro teaching kepada tenaga pendidik yang tengah melakukan proses pembelajaran di dalam kelas.

Setelah melakukan verifikasi, tim asesor melakukan pertemuan dengan warga Madrasah. Pertemuan tersebut untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi diri.

Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan peringkat akreditasi. Apakah memperoleh peringkat A+, peringkat A, atau peringkat B, bahkan peringkat C.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya, M. Husni Thamrin, S. Pd meminta agar dalam visitasi tersebut dapat diberikan bimbingan agar kedepannya dapat bekerja dengan baik.

"Kehadiran tim asessor ini sangat berguna bagi kami semua, utamanya dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan dan mengevaluasi diri. Untuk itu kami mohon bimbingannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta didik,” ungkapnya kepada wartawan Riaukarya.com.






 

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index