Persiapan Ajang Pacu Jalur Budaya Tepian Saidina Ali Berjalan Lancar

Persiapan Ajang Pacu Jalur Budaya Tepian Saidina Ali Berjalan Lancar
Kadis Periwisata dan Budaya Kuantan Singingi Drs Azhar Ali ., MM

KUANSING -  Pemerintah Kabupaten Kuansing menjadwalkan Pacu Jalur Kuansing 2022. Dari jadwal tersebut, ada tiga tepian yang akan dijadikan lokasi pacu jalur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Azhar MM,  Jumat  (05/08/2022) mengatakan, bahwa pacu jalur dimulai di Tepian Saidina Ali, Luai, Kecamatan Kuantan Mudik pada Awal Agustus 2022. Saat ini ada tiga lokasi. Kalau dulu namanya pacu jalur rayon. Kalau sekarang pacu jalur budaya. Untuk di Tepian Saidina Ali, mulai dari tangggal 6 sampai 8 Agustus. Untuk Tepian Lubuak Sobea, Baserah, dimulai 14 hingga 16 Agustus.
Sedangkan acara puncak yang akan dilaksanakan di Tepian Narosa Telukkuantan, lanjut Azhar, pemerintah Kabupaten Kuansing menetapkan pacu jalur iven nasional pada 21-25 Agustus 2022. Di luar jadwal itu, jika ada kecamatan atau kenegerian yang membuat acara pacu jalur ajang ujicoba, silakan. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau jadwal pemerintah, Tiga lokasi yang sudah didaftarkan.
Namun demikian, lanjut Azhar, pemerintah akan tetap mendukung kecamatan yang akan menggelar pacu jalur ajang latihan bersama.

Ini budaya yang harus di jaga bersama. Jangan sampai, budaya yang menjadi ikon Provinsi Riau ini luntur.

Terakhir Azhar menambahkan, Pacu Jalur Tahun ini di buka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Di Mana Melaluhi  Kabid  Budaya  Suherman Yusuf  S Pd., MM  Dinas Pariwisata dan Budaya  menyampaikan  Anggaran di Arena Gelangang pacu jalur Tepian H.Saidina Ali Mencapai 117 Juta Rupiah yaitu Mulai dari Beleho, Hadiah, Makan Minum , snack, Tenda, Sound Sistim Dll. Sumber Anggaran Dari Dinas Pariwisata " Ucap Suherman.

Mudah Mudan Anggaran Ini Dapat Di Gunakan Oleh Panitia Penyelenggaraan dengan Sebaik Mungkin di Pacu jalur even Kebudayaan Kuantan Singingi kecamatan Kuantan Mudik di Gelanggang Pacu jalur tepian H Saidina Ali Berjalan dengan Lancar Dan Sukses.. " Tutup Suherman Kabid Kebudayaan .

 

 

 

#Pacu Jalur

Index

Berita Lainnya

Index