Bupati Rohil Apresiasi Gerak Cepat PLN Pulihkan Gangguan Tower yang Roboh

Bupati Rohil Apresiasi Gerak Cepat PLN Pulihkan Gangguan Tower yang Roboh
Pihak PLN saat bertemu Bupati Rohil, Afrizal Sintong.

ROHIL - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) mengapresiasi respon cepat tanggap PLN dalam melakukan perbaikan gangguan tower SUTT 150 KV Dumai - Bagansiapiapi.

Dalam waktu cepat, PLN berhasil memulihkan gangguan dengan tetap menggunakan tower yang roboh secara darurat dan mengoperasikan satu penghantar, sehingga listrik pelanggan seluruhnya kembali normal.

“Kami selalu mendukung PLN dalam melakukan langkah-langkah perbaikan sampai tuntas demi masyarakat menikmati listrik kembali sehingga aktifitas warga dapat berjalan seperti biasanya,” ujar Bupati Rohil, Afrizal Sintong, Minggu (17/7/2022).

Upaya penormalan padamnya listrik akibat robohnya tower PLN dikerjakan sebanyak 136 petugas PLN yang didatangkan dari Pekanbaru, Rengat, Dumai, Bengkalis, Solok, Bukit Tinggi, Rantau Prapat, Medan, Padang Sidempuan dan Jambi. PLN juga mendapatkan bantuan tenaga dari Pemkab Rohil, TNI dan Polri.

“Berkat kerja keras dan kekompakan tim PLN beserta para stakeholder sejak dari awal kejadian hari ini (sabtu 16/7) pukul 10.30 WIB. Pasokan listrik ke sub sistem ke listrikan Provinsi Riau bisa di normalkan pada Pukul 20.30 WIB,” ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Dumai, Hendra Manurung.

Dengan tetap menggunakan tower yang roboh secara darurat dan mengoperasikan satu penghantar yang sisi ROW-nya masih dalam batas jarak aman, pasokan listrik dari sistem interkoneksi Sumatera ke sub sistem Provinsi Riau kembali normal dan tidak ada lagi kekurangan daya di Kabupaten Rokan Hilir.

“Puji syukur, ditengah hutan sawit, kami berhasil menyelesaikan pekerjaan penormalan dengan mengoptimalkan pemanfaatan tower yang roboh ini dalam waktu 10 jam. Ini berarti 18 Mega Watt (MW) pasokan listrik untuk warga Rokan Hilir bisa seluruhnya terpenuhi,” tambah Hendra.

PLN memberikan apresiasi terhadap pemilik kebun kelapa sawit atas dukungan yang diberikan demi kelancaran proses pekerjaan untuk menormalkan kembali pasokan listrik ke Rokan Hilir.

“Terima kasih kepada masyarakat Rokan Hilir yang telah sabar serta memberikan dukungan dan kontribusi nyata selama proses perbaikan. Meski lokasi tower berada di tengah kebun kelapa sawit namun pemilik kebun, Bapak Lubis telah merelakan beberapa pohon sawitnya untuk ditebang,” jelas Hendra.

Berita Lainnya

Index