Mahasiswa KKN-T STIE Indragiri Dampingi BUMDes Untuk Kembangkan Pemasaran Produk Melalui Digital

Mahasiswa KKN-T STIE Indragiri Dampingi BUMDes Untuk Kembangkan Pemasaran Produk Melalui Digital
Pengurus BUMDes Pontian Mekar dan Mahasiswa KKN-T Sedang memamerkan Kemasan terbaru dari produk Wedang Jahe

INHU-Mahasiswa KKN-T STIE Indragiri, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sedang melakukan kegiatan KKN di Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)  Mendampingi Bumdes, untuk dapat membantu perkembangannya secara Digital.


Mahasiswa STIE Indragiri melakukan Pendampingan pengembangan serbuk jahe serta memperbaiki kemasan produk, dan pemasaran / marketing produk secara Digital serta pengenalan aplikasi pemasaran.

Ada beberapa kendala yang di alami BUMDes seperti pengembangan produk pada kemasan dan label.


Pengembangan produk yang dimaksud yaitu proses dalam perubahan yang dilakukan pada produk yang sudah ada sebelumnya sekaligus sebagai proses mencari inovasi guna menambah nilai terhadap produk lama dan mengkonversikannya ke dalam bentuk produk tersebut.


Mahasiswa STIE imdragiri juga mengubah kemasan yang mengenalkannya menjadi kemasan baru serta mengubah label lama menjadi label baru.

 

Kemudian dalam proses pemasaran produk secara digital Mahasiwa STIE Indragiri juga  mengenalkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk pemasaran produk seperti, instagram, facebook, shopee dan aplikasi lainnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada.


Dan dalam perencanaan nya mahasiswa STIE juga akan membantu digitalisasi dalam proses mengatur arus keuangan nya, namun pada saat ini karena proses pengembangan pada produk masih terus berjalan, pendampingan tata kelola keuangan nya masih dalam tahap perencanaan dan pertimbangan.

Seperti yang di sampaikan Yudistira salah satu Mahasiswa STIE Indragiri kepada Wartawan, "Kami terus berupaya meningkatkan pemasaran, produk olahan yang di kelola BUMDes melalui Digital, karena langkah ini lebih efisien, apalagi kita saat ini berada pada Zaman digital. " Terang Yudistira

Berita Lainnya

Index